Dragon Nest

Oleh : Ghung Tje

Xu Shu (徐庶) adalah salah satu penasehat Liu Bei selama Zaman Tiga Negara di Tiongkok kuno. Cao Cao mengagumi Xu Shu, dan berharap menarik Xu Shu ke pihaknya dan menawan ibu Xu Shu dengan alasan melindunginya dari perang, Cao Cao membawa ibunya ke ibukota negara Wei.
Xu Shu yang dikenal akan budi baik seorang anak kepada ibu, meninggalkan Liu Bei dan pergi mencari ibunya. Tetapi dia berjanji kepada Liu Bei bahwa dia tidak akan memberi nasihat apapun kepada Cao Cao.
Sewaktu pertempuran Tebing Merah, dia berada di kemah Cao Cao, sewaktu Pang Tong menasehati Cao Cao supaya mengikat kapal-kapal bersamaan dengan rantai untuk menghindari mabuk laut karena prajurit Cao Cao tidak terbiasa dengan perang di laut. Xu Shu bisa menebak bahwa tipu daya ini adalah untuk membantu serangan api Zhou Yu untuk menyerang kapal Cao Cao.
Xu Shu bertanya kepada Pang Tong bagaimana untuk melarikan diri, dan dia disuruh untuk menyebarkan rumor bahwa Ma Teng dan Han Sui memimpin pemberontakan melawan Cao Cao. Cao Cao kemudian memerintahkan Xu Shu untuk menghabisi pemberontakan, dari situlah Xu Shu dapat melarikan diri.
Selama meninggalkan Liu Bei, Xu Shu merekomendasikan Zhuge Liang kepada Liu Bei, yang kemudian menjadi salah satu penasihat dan ahli strategi paling cemerlang. Pribahasa mengatakan dari sarang naga selalu lahir naga, dan hanya naga yang mengenal sesama naga,  Dari Xu Shu direkomendasikanlah Zhuge Liang, Xu Shu tak berhasrat melayani Cao Cao, selain watak culasnya ia tahu Cao Cao pencuriga dan didalam situasi tertentu sering mengambil keputusan cepat yang membahayakan diri dan pengikutnya. Xu Shu juga sadar, ia harus merekomendasikan penasihat cemerlang yang se Visi dan semulia tuannya. (*)

Close Ads X
Close Ads X