Kerajinan Tangan dari Limbah Eceng Gondok

gogreen-eceng gondokPerkembangan tumbuhan air enceng gondok di perairan sungai, danau, hingga ke perairan payau sangat pesat akhir-akhir ini. Sekilas tanaman enceng gondok tidak berguna. Selama ini masyarakat di sekitar pinggiran sungai, enceng gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori sungai dan dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat atau meluap.
Dahulu eceng gondok hanya dipandang sebagai gulma atau tanaman yang merugikan ekosistem. Bahkan, di beberapa danau yang digunakan sebagai pembangkit listrik, eceng gondok berulang kali merepotkan sistem kerja pembangkit listrik tenaga air.
Tidak banyak yang tahu kalau tanaman enceng gondok yang selama ini dikenal sebagai tanaman parasit, ternyata bisa dimanfaatkan. Masyarakat kurang pengetahuan dan kurang informasi yang lebih spesifik tentang pemanfaatan eceng gondok. Untuk itu perlu adanya semacam pemberitahuan atau sosialisasi kreatifitas terhadap masyarakat, khususnya kreativitas dalam pemanfaatan enceng gondok.
Eceng gondok dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan beberapa kerajinan tangan. Beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia telah mengembangkan usaha dalam memproduksi beberapa jenis kerajinan tangan dengan menggunakan eceng gondok sebagai bahan dasarnya. Contohnya adalah kotak loundry, tikar, bantal duduk, dan kursi kombinasi anyaman. (Ob)

Close Ads X
Close Ads X