Apresiasi PTK PAUDNI Sumut Tumbuhkan Karya Inovatif dan Kreatif

kelasA_2011_praktek di paud jambangan (1)
Medan | Jurnal Asia
Apresiasi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI) Sumut 2014 sebagai upaya menumbuhkan semangat untuk berkarya secara inovatif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran dan pengelolaan satuan PAUDNI. “Dengan kegiatan ini untuk meningkatkan mutu pembinaan PTK PAUDNI melalui pengembangan kreadtivitas dan inovasi dalam bidang karya tulis, karya nyata, olahraga dan seni,”kata Kepala Bidang PNFI (Pendidikan Non Formal Informal) dan PAUD Disdiksu Dra Hj Yulheni MPd , Kamis (17/7).
Menurut Yulheni, apresiasi PTK PAUDNI Sumut yang dilaksanakan sejak 15 -18 Juli 2014 di Hotel Asean Jalan H Adam Malik Medan ini diikuti 170 peserta dari kabupaten/kota di Sumut.
Kegiatan ini kata Yulheni guna menumbuhkan semangat untuk berkarya secara inovatif dan kreatif di kalangan PTK PAUDNI dalam kegiatan pembelajaran dan pengelolaan satuan PAUDNI
Yulheni menjelaskan, apresiasi ini diselenggarakan Dit PPTK PAUDNI Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (Ditjen PAUDNI) digelar dalam bentuk lomba karya nyata (LKN), lomba karya tulis (LTK), dan lomba olahraga dan seni yang proses seleksi dimulai dari tingkat kabupaten/kota dan provinsi.
“Kegiatan apresiasi bagi PTK PAUDNI ini merupakan wadah untuk menggelar karya terbaik yang dikompetisikan berasal dari berbagai jenis PTK PAUDNI yang ada di Sumatera Utara,” kata Yulheni yang juga penanggungjawab kegiatan apresiasi itu.
Yulheni menjelaskan, apresiasi bagi PTK PAUDNI dilaksanakan untuk memberikan penghargaan bagi PTK PAUDNI yang berasal dari daerah kabupaten/kota di Sumut melalui berbagai lomba. Kegiatan ini sekaligus membangun semangat kebersamaan, persahabatan, persatuan dan kesatuan.
Disebutkannya, ada 15 jenis lomba dan tema dalam program tersebut. Penghargaan bagi pemenang berupa piagam, piala, uang pembinaan.
Juara 1 berhak mendapatkan Rp5 juta, sedangkan Juara II dan III masing-masing Rp4 juta dan Rp3 juta. Sementara untuk Juara Harapan I, II, III masing-masing mendapatkan Rp2 juta, Rp1,5 juta dan Rp1 juta.
Kendati peserta yang mengikuti apresiasi PTK PAUDNI jumlahnya masih belum maksimal, namun Yulheni yakin ke depannya semakin banyak kabupaten/kota yang akan berpartisipasi dalam kegiatan itu.
“Semoga untuk masa akan datang, kabupaten/kota lainnya akan termotivasi untuk mengikuti Apresiasi PTK PAUDNI yang banyak manfaatnya ini untuk meningkatkan mutu pembinaan PTK PAUDNI melalui pengembangan kreativitas dan inovasi dalam bidang karya nyata, karya tulis, olahraga dan seni,” tuturnya.
Yulheni juga mengaku bangga karena Pemprovsu dalam hal ini Gubsu H Gatot Pujo Nugroho, Kadisdiksu Masri juga Bunda PAUD  Hj Sutias Handayani merespon terhadap kegiatan ini. Sebab, dengan adanya kegiatan ini motivasi PTK PAUDNI akan meningkat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya agar lebih kompetitif, profesional dan bermartabat. Selain itu, hasil karya PTK PAUDNI dapat tersebarluas dalam rangka mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.
Dia berharap melalui kegiatan apresiasi tersebut PTK PAUDNI yang kompetitif, profesional, dan bermartabat dapat diwujudkan.  (swisma)

Close Ads X
Close Ads X