Cowell Development Raih Pinjaman Rp230 Miliar

Jakarta | Jurnal Asia
PT Cowell Development Tbk (COWL) berhasil meraih pinjaman senilai Rp 230 miliar dari PT Bank Panin Tbk (PNBN). Perseroan menandatangani transaksi tersebut pada 18 Juli tahun ini.
Sekretaris Perusahaan Cowell Development, Darwin F Manurung, mengatakan pinjaman tersebut akan digunakan perseroan untuk modal kerja operasional pengembangan proyek Lexington di Jakarta.
“Pemberian pinjaman tersebut sesuai dengan peraturan Bapepam LK, yang merupakan pengecualian ketentuan transaksi material,” jelas Darwin dalam keterbukaan informasinya, Selasa (22/7). Sebelumnya dikabarkan, Cowell telah merampungkan akuisisi atas perusahaan properti, PT Nusantara Prospekindo Sukses (NPS) senilai Rp503 miliar.
Perseroan membeli 8.499 unit saham atau setara dengan 84,99% dari total saham NPS dari Smarthome Properties Limited. Dengan demikian, Cowell kini menguasai 99,99% saham NPS.
Manajemen Cowell Development mengungkapkan, penandatanganan transasksi akuisisi dilakukan pada 30 Juni tahun ini.
Akuisisi tersebut dilakukan perseroan sebagai langkah untuk mengembangkan dan berekspansi properti di Indonesia. Hal tersebut untuk meningkatkan kinerja perseroan.
“Akuisisi atas NPS merupakan ekspansi usaha properti secara berkelanjutan dan kebijakan perseroan untuk membangun kawasan superblok,”jelas manajemen.
Manajemen Cowell menambahkan, pengembangan kawasan tersebut termasuk kawasan yang terletak di wilayah Cikarang dengan area kurang lebih seluas 13 hektar (ha).
Lebih lanjut manajemen mengungkapkan, akuisisi dilakukan karena perseroan juga mempertimbangkan penawaran yang dilakukan Smarthome atas saham NPS. Sebelumnya, perseroan telah memiliki 15% saham NPS, dan sisanya dimiliki oleh Smarthome.
Selain itu, akuisisi dilakukan untuk meningkatkan kepemilikan lahan untuk pengembangan bisnis perseroan dan lokasi lahan yang dimiliki oleh NPS memiliki kelayakan finansial yang baik.
NPS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembelian, penjualan, persewaan, dan pengoperasian real estate yang dimiliki sendiri atau disewa. (id)

Close Ads X
Close Ads X