310 Personil Satlantas Jaga Malam Takbiran

Medan | Jurnal Asia
Jelang hari raya idul fitri yang akan dirayakan umat muslim, Senin (28/7) mendatang, budaya takbiran atau arak-arakan kendaraan guna menyambut hari kemenangan pasca berpuasa selama 30 hari pun akan turut berlangsung. Hal itu pula membuat, Polresta Medan siap melakukan pengamanan, guna menjaga keamanan saat proses takbiran ber­langsung. Sebanyak 310 personil satlantas Polresta Medan dikerahkan untuk menjaga malam takbiran dan mengantisipasi kemacetan lalu lintas.
Hal tersebut dinyatakan Kasat Lantas Polresta Medan, Kompol Budi Hendrawan, Kamis (24/7) siang. Lebih lanjut, perwira dengan satu melati dipundak ini me­ngatakan bahwa sebanyak 310 personil siap dikerahkan menjaga jalur lalu lintas yang akan dijadikan sebagai jalur konvoi rombongan kendaraan pada malam takbiran.
Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Pemko Medan, disepakati bahwa sekitar 75 kendaraan hias milik SKPD, kecamatan dan BUMN akan meramaikan perayaan malam takbiran. Adapun rute yang akan dilalui rombongan dimulai dari Lapangan Merdeka, Jalan Balai Kota, Jalan Putri Hijau, Jalan Adam Malik, Jalan Amir Hamzah, Jalan Kapten Muslim, Jalan Gatot Subroto, Jalan Iskandar Muda, Jalan S Parman, Jalan Sudirman, Jalan Suprapto, Jalan Pemuda, Jalan Ahmad Yani dan kembali diakhiri di Lapangan Merdeka.
“Sudah ada rute yang di sepakati, jadi untuk pengamanan jalur kita siapkan kekuatan penuh ya selama pengamanan. Ada sekitar 75 kendaraan yang akan ber­iringan pada malam takbiran nanti, dan itu dimulai pukul 20.00 WIB wib ,” kata Budi Hendrawan.
Tak hanya pengaman lalu lintas pada rute tersebut, Satuan Lantas Polresta Medan pun turut melakukan pengamanan di Jalan Ring Road, Seputaran Stadion Teladan dan Jalan Pancing. “Selain rute tadi, kita tetap melakuan penjagaan di seputar Jalan Ring Road, Jalan Pancing dan seputaran Stadion Teladan. Pasalnya, dikhawatirkan ada saja warga yang turut melakukan konvoi takbiran,” terangnya.
Menurut Budi, jika konvoi yang ­di­­­la­kukan haruslah tertib. Ia pun meng­imbau kepada warga masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan bak terbuka, serta tak membawa mercon atau kembang api selama pawai takbiran. “Kami imbau supaya warga masyarakat tak menggunakan kendaraan bak terbuka selama takbiran dan tak menggunkan mercon atau kembang api selama ber­konvoi,” tambahnya. (bowo)

Close Ads X
Close Ads X