Bank ICBC dan Panin Bank Biayai Proyek PLTU

Jakarta | Jurnal Asia
PT Bank ICBC Indonesia (Bank ICBC) dan PT Bank Panin Tbk (Panin Bank) menjalin kerja sama pemberian kredit secara club deal sebesar Rp900 miliar kepada PT Lombok Energi Dynamics, untuk pembangunan proyek PLTU di Lombok Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilakukan oleh Wakil Presiden Direktur Bank ICBC Surjawaty Tatang, Direktur Bank ICBC Zhang Lei, Direktur Korporasi PaninBank Iswanto Tjitradi dan Direktur Utama Lombok Energi Dynamics Banu Pradipto, di ICBC Tower, Jakarta, Kamis (24/7)
Dalam kerja sama club deal ini, Bank ICBC mengucurkan pinjaman dalam denominasi Dolar AS senilai USD51,39 juta. Sementata PaninBank menyediakan kredit senilai Rp298,75 miliar. Adapun proyek PLTU Lombok Timur dengan kapasitas 2×25 megawatt di­laksanakan melalui skema build, own and operate transfer, yang output dayanya akan dibeli oleh PLN selama 25 tahun sesuai kesepakatan perjanjian pembelian tenaga listrik yang telah ditandatangani PLN dan Lombok Energi Dynamics.
Surjawaty Tatang mengatakan, pemberian pinjaman ini merupakan bentuk komitmen dari Bank ICBC dalam menunjang proyek infrastruktur energi di Indonesia. Diharapkan ke­hadiran PLTU ini dapat membantu memenuhi kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Lombok, NTT. Iswanto Tjitradi me­­nambahkan, Lombok Energi Dynamics se­ndiri adalah bagian dari sebuah grup usaha yang merupakan nasabah PaninBank. Menurutnya, proyek ini menjadi proyek PLTU ketiga yang telah dibiayai perseroan, setelah sebelumnya terlibat dalam proyek PLTU Embalut Phase 1 berkapasitas 2×25 Megawatt dan PLTU Embalut Phase 2 berkapasitas 1×60 megawatt di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. “Dua valuta karna ada investasi dolar dan rupiah. Investasi dolar kami lebih dari USD51,4 juta. Nanti sebagian harus kami tukar dolar, karna ada impor peralatan dari China,” sambung Banu Pradipto. (ibc)

Close Ads X
Close Ads X