Ombak 3 Meter Landa Selat Malaka

Belawan | Jurnal Asia
Dunia pelayaran kapal serta kalangan nelayan kembali diingatkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun
meteorologi Belawan. Pasalnya ombak setinggi 3 meter ­bakalan mengancam selat Malaka.
Keterangan yang dapat dihimpun dari Citra Satelit terlihat adanya Typhoon “MATMO” 960 HPA di Laut Tiongkok Selatan bagian Barat Laut Philipina. Angin di atas wilayah Perairan Indonesia, di Utara khatulistiwa umumnya bertiup dari Tenggara sampai Barat Daya dan di Selatan khatulistiwa umumnya bertiup dari arah Timur sampai Selatan dengan kecepatan angin berkisar antara 3 sampai 30 knot.
Petugas BMKG Belawan, Rizky Ramadan menambahkan kondisi tersebut memberi peluang pertumbuhan awan dan hujan disertai badai guntur dapat terjadi di Selat Malaka bagian Utara, Selat Malaka bagian tengah.”Awan tebal dan badai guntur kemungkinan dapat timbul di Selat Malaka bagian Utara dan Tengah,” katanya
Ditambahkannya, peringatan cuaca buruk gelombang laut ­dengan tinggi 2.0 meter sampai 3.0 meter berpeluang dapat terjadi di perairan Aceh, perairan Kepulauan Nias dan Sibolga, perairan Sumatera Barat, perairan Kepulauan Mentawai, perairan ­Kepulauan Riau.
“Gelombang laut dengan ketinggian 2 sampai dengan 3 meter bisa terjadi di perairan Aceh, perairan Kepulauan Nias dan sibolga, perairan Sumatera Barat, perairan Kepulauan Mentawai, perairan Kepulauan Riau,” ungkap Rizky Ramadhan. (syahril)

Close Ads X
Close Ads X