Jelang Arus Balik Polisi Jaga Tiga Pintu Masuk Medan

Medan | Jurnal Asia
Puncak arus balik di Kota Medan diprediksi terjadi pada, Sabtu (2/8) atau Minggu (3/8), untuk kelancaran dan kenyamanan masyarakat, Satlantas Polresta Medan menjaga tiga titik pintu masuk kota Medan antara lain kawasan Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jamin Ginting (Tanah Karo-Medan), dan Jalan Medan-Binjai. Kasatlantas Polresta Medan Kompol M Budi Hendrawan, Rabu (30/7) kemarin menjelaskan 100 orang personil kepolisian dikerahkan untuk menjaga di tiga lokasi arus balik itu.
“Puncak arus balik sabtu-minggu, ada tiga titik yang dilakukan pengamanan, tiga titik yang dimaksud yakni fly over Jalan SM Raja sebanyak 25 personil, di kawasan Jalan Jamin Ginting dari Tanah Karo ke Medan ada 50 personil, dan dari Binjai ke Medan 25 personil” terang Budi.
Ditempatkannya seratusan personil kepolisian di tiga lokasi itu, kata Budi, selain untuk mengurangi kemacetan juga untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas serta memberikan himbauan tertib berkendara bagi para pemudik yang akan kembali ke Medan.
Data diperoleh dari Satlantas Polresta Medan, selama Operasi Ketupat Toba 2014 terhitung mulai tanggal 22 Juli hingga 30 Juli, jumlah kasus kecelakaan lalu lintas tercatat sebanyak 6 kasus kecelakaan terdiri atas luka berat 2 orang dan luka ringan 12 orang.
“Korban jiwa kecelakaan lalu lintas di Medan, hingga sekarang mencapai 0 jiwa, kerugian materil mencapai Rp 9.100.000” ungkap Budi. Pada arus balik nanti, pria dengan satu melati emas dipundaknya ini mengatakan, lokasi titik rawan kecelakaan lalu lintas dideteksi di kawasan Jalan Jamin Ginting (Karo-Medan). “Untuk lokasi rawan di kawasan Berastagi menuju Medan, itu disebabkan karena kondisi jalannya yang menurun” kata Budi.
Selain itu selama Ops Ketupat Toba 2014, jumlah pelanggaran yang ditilang sebanyak 266 terdiri atas roda dua sebanyak 122 penindakan dan roda empat sebanyak 67. Budi menambahkan, 39 unit kendaraan ditilang akibat pelanggaran itu. “Pelanggaran terbanyak masih tidak memakai helm berjumlah 88 yang ditilang” tandas Budi. Pantauan wartawan, H+3 lebaran kondisi arus lalu lintas lebih lengang. Bahkan di lokasi pusat perbelanjaan seperti di Jalan Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan KH Zainul Arifin terlihat sepi daripada hari sebelumnya menjelang lebaran. Di sejumlah tempat rekreasi di Medan, meski diserbu sejumlah masyarakat, namun arus lalu lintas juga terlihat lengang. (bowo)

Close Ads X
Close Ads X