Rekreasi di Pasir Putih Belawan

Belawan | Jurnal Asia
Liburan lebaran ketiga ini ternyata banyak dimanfaatkan warga pesisir untuk berwisata bahari dengan memanfaatkan boat menuju ke lokasi wisata pantai pasir putih maupun berkeliling di kampung nelayan seberang yang terletak di Palu Kuraw hamparan Perak atau sekitar 5 Km dari Pelabuhan Belawan, Rabu (30/7)
Lokasi penyebarangan Sundari Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan ini boat tak hanya berfungsi sebagai kapal angkutan transportasi air namun digunakan untuk berkeliling pesisir hutan bakau dan lokasi wisata pasir putih.
Mursal (32) salah seorang pemanfaat jasa boat mengaku hampir setiap lebaran ia dan keluarganya menggunakan jasa kapal kayu untuk berekreasi ke pantai pasir putih.”Asyik aja bang, berkeliling pakai boat terus singgah ke pantai pasir putih yang dikenal masih banyak monyetnya,”ungkap Mursal jelang keberangkatannya di dermaga kapal Sundari Belawan.
Sebagian warga memanfaatkan jasa transportasi kapal kayu ini untuk jalur alternatif berpergian dengan cepat melalui jalan laut ketimbang menempuh jalan darat. Memang untuk menuju jalan darat rasanya sangat lama sekali menuju ke daerah Batang Sere daerah perbatasan Langkat dan Hamparan Perak tersebut.
Sebab bila menempuh jalur darat ke kawasan tersebut akan memakan waktu lama belum lagi antrian angkot menuju kesana  sangat menyebalkan.
Bila mengunakan boat penyeberangan angkutan dari kota Belawan menuju ke Batang Sere sangat memudahkan pengangkutan penumpang melaluhi jalan laut dengan jarak tempuh lebih kurang 45 menit saja. Sedangkan bila menempuh jalur darat mungkin sampai 4 jam lebih.
Mariati petugas penjaga karcis yang dipercaya kantor Dinas Perhubungan UPT. ASDP (persero)  Jalan Indrapura Belawan menyebutkan, penyeberangan dengan mengunakan boat ini berkapasitas maximum berisi 10 orang, sedang di atas boat yang sudah diberi lantai yang sangat tebal mampu mengangkut kenderaan sepeda motor maksimal 4 unit.
Bagi para penumpang juga diberikan Ansuransi Keselamatan Jiwa Penumpang dan barang-barang berharga, yakni seperti kenderaan dan lain nya. Setiap penumpangnya dikenahi biaya dengan membeli karcis dewasa Rp5000.
Sedang untuk anak-anak tidak dipuggut biaya dihari biasanya, kecuali hari besar. Misalnya, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha serta hari besar yang lain. Itu pun hanya sebesar Rp3000. (dna)

Close Ads X
Close Ads X