UMSU Tampilkan ‘Dolanan’ Jawa, Gali Potensi Kreativitas Mahasiswa Lewat Seni Tari

kaki==umsu
Medan | Jurnal Asia
Meskipun di tengah “gempuran” budaya asing yang masuk ke Indonesia, namun minat mahasiswa untuk meles­tarikan tari budaya Sumut tetap tinggi. Terbukti pada festival seni tari budaya 2014 diselenggarakan Koordinasi Per­guruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumut–Aceh, diikuti 143 mahasiswa dari 22 perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumut.
“Melalui festival tersebut kita menggali potensi sekaligus mengembangkan kreativitas generasi muda, khususnya bagi mahasiswa dalam bidang budaya seni tari,” kata Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto, Selasa (12/8).
Menurut Dian, festival yang meru­pa­kan agenda rutin Kopertis Wilayah I Su­mut yang memasuki tahun ketiga ini ber­tujuan agar generasi muda dapat mengenal dan mencintai budaya In­donesia. Selain itu ingin memunculkan pe­nari-penari nasional dari lingkungan PTS di Sumut.
Dia berharap, tahun depan PTS lainnya bisa ikut ambil bagian sebagai peserta festival. Dalam ajang ini para peserta menampilkan tarian daerah kreasi baru dari beragam etnis di Sumut yang berlangsung 12-14 Agustus 2014 di halaman kantor Kopertis Jalan Setia Budi Medan.
Kasi Akademik Kemahasiswaan Koper­tis Wilayah I Sumut Sulhan menyebutkan, kendati jumlah PTS yang mengikuti festival tari ini menurun dibanding tahun lalu, tak mengurangi semarak penyelenggaraan acara.
Tahun lalu festival ini diikuti 33 PTS, namun pada tahun ini diikuti 22 PTS meliputi 143 peserta terbagi dalam 22 tim.
“Meski jumlah peserta yang mengikuti event ini menurun dibanding tahun sebelumnya, namun tak menurunkan minat mahasiswa dalam bidang seni dan budaya,” ujarnya.
Dia juga menyebutkan, festival yang terbuka bagi mahasiswa PTS di lingkungan Kopertis Wil I Sumut ini untuk turut melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya Sumut.
Sebelumnya, kegiatan rutin tahunan ini diawali dengan Festival Seni Suara (menyanyi solo) pada 9-11 Agustus, dan dirangkai dengan Seni Tari Budaya Sumut pada 12-14 Agustus.
Rezi Entertainment pimpinan Hendra Irawan SH yang mengiringi peserta menampilkan karya seninya, turut menyukseskan kegiatan tersebut.
“Dolanan Jawa”
Di antara seratusan peserta Festival Seni Tari Kopertis, tim Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) juga turut menampilkan kreasi barunya.
Jika pada festival seni tari 2013 lalu mereka menampilkan Tari Tor Tor Batak, maka pada 2014 ini menyuguhkan tari kreasi baru etnik Jawa. Tarian yang diberi titel ‘Dolanan Jawa’ ini memerlukan latihan dan persiapan selama dua bulan.
Tim UMSU terdiri dari enam maha­siswa universitas itu yakni Siti Widyastuti, Nadya Hapsari, Erida Tiara, Yopi Ang­gilia, Tuah Laksamana, Rizki Ramadhan tam­pak kom­pak dan harmonis membawakan ta­rian mereka.
Tahun lalu, partisipasi UMSU me­ngi­kuti festival ini berbuah manis. Setelah melewati babak penyisihan dan akhirnya masuk ke babak final, UMSU merebut juara 3 dalam Tari Tor Tor Batak.
Wakil Rektor III Bidang Kemahasis­waan UMSU H Muhammad Arifin Gultom SH MHum juga menyatakan apresiasinya kepada tim tari UMSU yang telah mengharumkan nama universitasnya.
Rektor UMSU Dr Agussani MAP menyatakan kegiatan festival budaya seni tari digelar Kopertis merupakan kegiatan postif.
“Kegiatan ini sangat baik dan kita dukung untuk menanamkan rasa cinta mahasiswa pada budayanya,” kata rektor.
(swisma)

Close Ads X
Close Ads X