14 Menit Milik Suarez

FC Barcelona v Club Leon - Joan Gamper Trophy

Barcelona | Jurnal Asia
Luis Suarez akhirnya bisa merumput lagi. Bersama klub barunya, Barcelona, Suarez menginjakkan kaki di lapangan hijau, ia berjanji tak akan menggigit lagi. Sebulan setelah resmi dibeli dari Liverpool dan dua bulan sebelum menjalani laga kompetitif pertamanya, Luis Suarez untuk kali pertama tampil di Camp Nou, Selasa (19/8) dinihari WIB. Dia bermain sekitar 14 menit saat Blaugrana menang besar di laga ujicoba Joan Gamper Trophy.
Suarez, yang didatangkan Barcelona dengan banderol 75 juta poundsterling, diperkenalkan secara resmi pada Senin (18/8) kemarin waktu setempat. Dia masuk ke dalam lapangan diiringi letusan kembang api dan tepuk tangan meriah dari sekitar 40.000 pendukung Blaugrana yang mengisi separuh Camp Nou jelang laga dengan Leon di laga uji coba bertajuk Joan Gamper Trophy. Teriakan ‘Suarez…Suarez…Suarez…’ terdengar membahana di Camp Nou.
Perkenalan Suarez tertunda satu bulan lamanya karena dia baru dapat keringanan hukuman dari CAS setelah dihukum pencekalan oleh FIFA lantaran menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014. Striker asal Uruguay itu muncul bergantian bersama pemain Barcelona lain, yang pada kesempatan tersebut sekaligus menjadi ajang perkenalan tim.
Usai diperkenalkan Suarez langung kembali ke ruang ganti, dengan lebih dulu melambaikan tangan ke arah istri dan anaknya yang menyaksikan dari tribun khusus. Suarez tidak dipasang sebagai starter oleh Luis Enrique dalam pertandingan tersebut. Bersama beberapa bintang Barca lainnya seperti Xavi Hernandez dan Gerard Pique dia masuk sebagai pemain pengganti.
Barcelona pada akhirnya meraih kemenangan 6-0 dalam laga tersebut. Namun Suarez tidak ikut menyemarakkan pesta itu dengan golnya, penjebol gawang Leon adalah Lionel Messi, Neymar (dua gol), Munir El Haddadi (dua gol) dan Sandro Ramires.
Suarez baru masuk lapangan saat pertandingan tersisa 14 menit, dia menggantikan Rafinha saat Barca telah unggul 4-0 dan Enrique sudah melakukan sembilan pergantian pemain. Suarez juga melewatkan bermain bersama Lionel Messi dan Neymar karena keduanya sudah lebih dulu ditarik keluar lapangan.
Sentuhan pertama Suarez adalah umpannya ke arah kanan lapangan, yang disambut suporter Barca dengan meriah. Satu tembakan sempat dia lepaskan selama berada di atas lapangan namun itu gagal menemui sasaran. Dengan Barca sudah unggul besar dan waktu bermain yang singkat, tak banyak yang bisa ditunjukkan Suarez dalam debutnya itu. Dia bisa unjuk gigi pada 26 Oktober mendatang, di laga menghadapi Real Madrid yang sekaligus akan menjadi pertandingan debutnya di La Liga.
Sanksi Suarez diringankan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) sehingga pemain Uruguay tersebut bisa menjalani latihan bersama skuad Barcelona, akhir pekan lalu. Suarez juga diizinkan CAS memperkuat Barcelona di laga non resmi. Begitupun, akibat ulahnya di Brasil itu, Suarez tak dapat memperkuat Barcelona hingga Oktober nanti. Ironisnya, ini menjadi gigitan ketiga Suarez sepanjang karier sepakbolanya.
“Ini pengalaman yang spektakuler, sangat emosional. Perasaan yang sangat hebat bisa bermain di Camp Nou, saya menyukainya. Saya sudah bermimpi bermain untuk Barcelona selama bertahun-tahun lamanya dan sekarang itu menjadi nyata. Saya tidak menyangka momen ini akan datang,” sahut Suarez mengomentari debutnya.
Suarez sendiri meminta maaf atas peristiwa gigitan di masa lampau dan berjanji tidak akan melakukannya lagi. “Pelajarannya sangat jelas. Ini sebuah kesalahan besar. Tapi, itu masa lalu. Saya juga harus mengatakan kepada fans Barcelona bahwa hal seperti itu tidak akan terjadi lagi,” katanya.
Kedatangan Suarez membuat skuat Barca makin berkilau. Dia diharapkan akan bisa membangun kerjasama dengan dua mega bintang yang sudah lebih dulu ada di sana yakni Lionel Messi dan Neymar.
Sementara itu, Direktur Olahraga Barca, Andoni Zubizaretta, mengatakan Suarez masih perlu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Dia yakin Suarez akan menunjukkan performa terbaik. “Kami akan memberi Suarez waktu sehingga dia bisa menyatu dengan tim dan beradaptasi dengan tim saat latihan,” kata Zubizaretta.
Kualitas Suarez, kata dia, akan membantu Barca memenangkan pertandingan ke depan. “Dia akan mengenal gaya bermain kami. Rekan setimnya akan mengenal dia dan itu yang akan terjadi saat dia kembali. Dia akan memberikan 100 persen,” tegasnya.
Dalam kesempatan itu, Andoni Zubizarreta juga membeberkan nilai transfer Suarez yang sebenarnya. Jika sebelumnya beredar kabar Suarez diboyong dari Liverpool dengan transfer 75 juta pounds, sebenarnya Barca hanya membayar 65 juta pounds.
Sementara itu, pelatih Barca, Luis Enrique, mengaku puas dengan performa anak buahnya kala mengalahkan Leon di . Barca kini disebut Enrique sudah ada dalam kondisi yang sesuai dengan harapannya jelang bergulirnya La Liga.
“Kami dalam kondisi yang bagus seperti yang saya harapkan dan kami akan terus meningkat dengan bertanding dan berlatih. Dalam hal sepakbola, saya akan suka jika kami punya dua bulan lagi, tapi pramusim ya seperti itu,” sahut Enrique.
Enrique juga puas dengan aktivitas Barca di bursa transfer sejauh ini. Pemain-pemain yang datang disebutnya telah memperkuat skuat yang dimilikinya.
“Manajer harus menyusun tim dengan skuat yang dia miliki dan kami punya skuat yang luar biasa. Kami sudah memperkuat diri dengan sangat baik, klub sudah melakukan upaya yang besar dan saya sudah punya skuat yang unik,” katanya.
Barca akan mengawali La Liga dengan menjamu Elche, Senin (25/8) dinihari WIB. (dc)

Close Ads X
Close Ads X