Tiongkok Bangun KEK di Bitung

Jakarta | Jurnal Asia
Tiongkok  akan memulai untuk meningkatkan investasi di Indonesia dalam skala besar. Pasalnya saat ini investasi Tiongkok  di Indonesia masih tergolong rendah.
“Kita tahu investasi china itu belum besar-besaran di Indonesia. Padahal dia itu besar-besaran di Afrika, kita pengen Tiongkok  juga melakukan investasi besar-besaran. Dan mereka sepakat dan setuju dan sudah menjadikan Indonesia sebagai target,” papar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung di kantornya, Jakarta, Kamis (21/8).
Menurut CT, dengan tekad tersebut, Tiongkok  berambisi untuk tingkatkan investasi di Indonesia dengan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).
“Oleh karenanya ada beberapa investasi yang besar yang akan dilakukan oleh Tiongkok  tidak lama lagi. Contoh satu, Tiongkok tadi mengutarakan keinginannya masuk KEK di Bitung, Indonesia. Jadi dia akan bangun keseluruhan dari pelabuhan dari kawasan industrinya satu kompleks. Saya tanya berapa butuh tanahnya. Dia bilang akan konsultasi dulu,” sambungnya.
CT menambahkan, dalam waktu dekat akan bicara lebih lanjut engenai investasi yang akan dilakukan Tiongkok tersebut.
“Awal September dia akan kembali ke saya untuk membicarakan detil. Ini contoh satu. Mereka siap termasuk investasi infrastruktur. Mereka akan menyiapkan pendanaan. Enggak ada syarat sama sekali. Kita terbuka,” tegas CT.
Saat ditanya besaran investasi Tiongkok  yang akan masuk, CT mengungkapkan hal tersebut masih belum masuk dalam pembicaraan tersebut. (oz)

Close Ads X
Close Ads X