Luncurkan “portalmedankreatif.com” Telkom Dukung Industri Kreatif

Medan | Jurnal Asia
PT Telkom (Persero) Regional I Sumatera meluncurkan “portalmedankreatif.com” dalam upaya membentuk komunitas pelaku industri  kreatif sekaligus membangkitkan kreatifitas anak muda Kota Medan khususnya. “Selama ini kita mengenal Bandung sebagai kota kreatif, mudah-mudahan dengan diluncurkannya portal ini, Medan juga bisa menjadi kota kreatif dengan slogan Medan Bisa,” kata EGM PT Telkom Regional I Sumatera Teuku Muda Nanta saat Kick Off medankreatif.com  di Istana Maimoon Medan, Jumat (22/8).
Teuku Nanta mengatakan, pihak Telkom menantang  para pelaku industri kreatifitas Medan untuk  membesarkan portal ini sehingga bisa di kenal di mana pun. Apalagi pasar kita sangat seksi di Industri kreatif, sehingga harus bisa menjadi tuan rumah. “Harus mampu jadi produsen, tidak hanya sebagai konsumen,” katanya
Karenanya semua harus bergerak mendukung portal yang diharapkan menjadi pintu dalam mengcreate bisnis-bisnis kreatif yang muncul di tanah deli ini,   apalagi UKM  Indonesia  itu pada dasarnya merupakan ekonomi kreatif.
Untuk itu, Telkom  siap mewadahi  dengan menyediakan infrastruktur serta akses internet di manapun agar konten kreatif  dapat mudah diakses.
Kata dia,  setiap warga Medan bisa mengakses portal dengan kapasitas 50.000 user tersebut, bahkan Tel­kom terus mengawal kemampuan ka­pasitas portal ini karena memang dipersembahkan untuk warga Medan.
Selain itu, pihak Telkom juga tidak hanya menyediakan akses untuk para pelaku usaha kreatif muda di Medan, namun juga akan menggelontorkan bantuan lunak bagi para pelaku industri kreatif yang telah memiliki basic bisnis yang cerah.
“Kita tidak hanya menyediakan infrastruktur tapi juga permodalan. Kita juga berharap peluncuran portal ini menjadi gerakan besar bagi pihak lainnya, seperti Pemko Medan dan lainnya untuk mengenalkan industri kreatif di daerah ini karena banyak kelebihan Medan yang tidak terpublis,” katanya.
Sebelumnya, Zahrial Hamid Nasution, GM Witel Sumut-Barat, Medan, men­jelaskan portalmedankreatif.com sebagai upaya menjawab kebutuhan para kreatif muda Medan. Ke depan, Medan hanya dikenal dengan “bika ambon” atau “ bolu meranti” tapi banyak kerja kreatif yang bisa ditampilkan untuk go- internasional.
Sementara Ketua Himpunan Pe­ngusaha Muda (Hipmi) Medan Afif Abdil­lah Ha­fif Abdillah menyampaikan apre­siasi kepa­da Telkom atas komitmennya dalam membangun industri kreatif di Medan.
Menyangkut dengan layanan online, kata dia, sudah menjadi keharusan, apalagi dalam menghadapi AEC (Asean Economy Community) maka keterse­diaan in­fra­struktur yang handal sangat dibu­tuhkan.
“Ke depan HIPMI Medan berharap dapat menjadikan portalmedankreatif.com menjadi kendaraan komunitas kreatif Medan,” sebut Hafif.
(Isvan)

Close Ads X
Close Ads X