Cara Pemeliharaan Kandang Lebah

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Lebah sangat menyukai kebersihan, karena lebah sama halnya se­perti hewan peliharaan pada umumya yang butuh perawatan oleh sebab itu kita harus menjaga agar keadaan kandang selalu bersih dari kotoran seperti, serangga-serangga yang masuk atau kulit kepompong bekas lebah yang sudah tidak terpakai. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan kandang lebah.
Salah satunya dengan menempatkan tatakan penuh air untuk pencegahan agar semut tidak naik  ke dalam kadang. Selalu memeriksa isi kandang supaya terbebas dari makhluk lain, seperti cicak, lipan, laba-laba dan binatang lain yang dapat mengganggu. Dalam hal pemeliharaan kadang lebah, kita pun harus menjaga diri dari serangan lebah yang tidak kita inginkan.
Penting diperhatikan, ada beberpa langkah yang perlu diperhatikan supaya kita terhindar dari serangan lebah, diantaranya:
Pakailah pakaian berwarna putih, jangan menggunakan pakaian berwarna hitam.
Dekati kadang lebah dari arah kanan, kiri atau belakang dari frame. Jangan mendekati dari arah depan.
Supaya lebah tidak agresif tiupkan 2-3 kali asap kedalam ruangan kandang. Peganglah frame pada ujung-ujungnya. Lakukan dengan tenang dan perlahan.
Supaya ratu lebah tidak terganggu atau terhimpit, aktlah frame nomor dua terlebih dahulu, hitungan dari sisi bukan tengah. Frame paling tengah jangan sekali-kali diangkat, sebab biasanya ratu lebah berada di sana untuk menghindari ratu jatuh ke tanah. Kembalikan frame sesuai de­ngan urutan semula. Jangan sekali-kali memeriksa frame ketika uadara masih panas pada siang hari.
(int)

Close Ads X
Close Ads X