Pasar Otomotif Thailand Pesaing Berat RI

Jakarta | Jurnal Asia
Indonesia akan menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) di akhir 2015. Di sektor otomotif, Thailand menjadi pesaing terberat di kawasan Asia Tenggara.
MEA atau yang juga disebut ASEAN Economic Community menjadi wadah pasar bebas di ASEAN. Masing-masing negara di ASEAN tak hanya membebaskan tarif perdagangan juga terjadi liberalisasi di sektor jasa, termasuk tenaga kerja.
Mantan Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johnny Darmawan, mengatakan pengusaha otomotif mau tak mau harus siap dengan adanya MEA. “Mana bisa kita bilang kita nggak sanggup. Petanya sekarang belum kelihatan,” kata Johnny ditemui di Kantor Kementerian Perindustrian  Jakarta, Senin (1/9).
Johnny mengatakan, dalam menghadapi MEA 2015 nanti, hanya Thailand yang menjadi saingan terberat Indonesia. Pasalnya, Thailand kini kuat di sektor komponen otomotif. “Sebagai orang otomotif, saya sih gampang. Kita tinggal melawan Thailand saja. Karena mereka siap di komponen segala macam,” katanya.
Meski demikian, lanjut Johnny, pelaku usaha dan industri otomotif di Indonesia siap menghadapinya. Apalagi menurut Johnny potensi Indonesia cukup besar dilihat dari jumlah populasinya. “Potensi juga kita cukup bagus, dia 60 juta kita 240 juta. Kita potensi penduduknya banyak sekali,” tandasnya. (dc)

Close Ads X
Close Ads X