Memilih Sayuran yang Cocok di Pekarangan Rumah

IMG_0709
Merawat tanaman di pekarangan tentu saja membutuhkan waktu dan tenaga, namun demikian bukan berarti kita yang sibuk tidak dapat melakukannya. Pemilihan tanaman yang cocok merupakan langkah awal agar kegiatan homegardening kita berhasil. Untuk itu ada beberapa hal terpenting yang harus diperhatikan antara lain :
1.Pilihlah tanaman sayuran yang disukai. Pilihlah tanaman sayuran yang disukai oleh sebagian besar keluarga agar hasil panenannya dapat dinikmati bersama.Lalu konsentrasikan pada jenis tanaman yang cukup segar saat dipanen langsung dari kebun seperti tomat, wortel, cabai, sawi, kubis,dan lain-lain.
2.Pilihlah varietas dengan hati-hati. Pilihlah varietas yang sesuai dengan tanah maupun agro klimat wilayah kita, khususnya pekarangan.
3.Gunakanareal pekarangan sebaik-baiknya. Tanaman umbi (seperti kentang,wortel,dan lain-lain) maupun berdaun lebar (kubis, selada,dan lain-lain) akan memberikan hasil lebih banyak meskipun ditanam pada lahan yang sempit. Namun demikian, hal ini erat kaitannya dengan penataan tanaman yang baik.
4.Pertimbangkan periode masa panen. Bila anda bermaksud untuk mengkonsumsinya secara langsung dari kebun, maka pemilihan sayuran yang dapat dipanen lebih lama periodenya akan lebih baik. Tanaman sayuran yang memiliki masa panen lebih lama seperti tomat, cabe, ataupun terong akan memberikan hasil yang kontinu dibandingkan tanaman sayuran yang sekali panen saja.
Bila kegiatan kita terlalu banyak yang mengakibatkan kurangnya perhatian pada tanaman, maka pemilihan tanaman yang mempunyai umur pendek seperti sawi, bayam, kangkung dan lain-lain dengan masa panen yang tidak lama tentunya lebih cocok. (int)

Close Ads X
Close Ads X