Bupati Pakpak Bharat Terima Penghargaan Dari Kemenkeu

kemenkeu 2
Pakpak Bharat | Jurnal Asia
Kabupaten Pakpak Bharat bersama 151 Pemda di seluruh Indonesia yang berhasil meraih Opini WTP atas LHP-LKPD 2013 dan menerima penghargaan pada acara Malam Apresiasi di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat malam (12/09). Penghargaan ini diterima langsung Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, MBA, dari Menteri Keuangan, M. Chatib Basri, yang juga didampingi oleh Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Harjowirjono, dan Irjen Kemenkeu, Vincentius Sonny Loho.
Saat dikonfirmasi di sela-sela acara, Bupati menyampaikan keharuannya atas apresiasi yang ditunjukkan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah seperti Kabupaten Pakpak Bharat atas kerja keras tiap-tiap daerah dalam mencapai opini terbaik dalam pelaporan keuangan setiap tahunnya.
“Hal ini akan semakin memperkuat komitmen yang semenjak awal di­bangun untuk menghadirkan proses pertanggungjawaban pelaporan keuangan yang terbaik, dimana hal tersebut diawali dari pelaksanaan anggaran yang akunta­bel dan baik pula,” ucap Bupati.
Ditambahkannya, niatan baik ini sudah sejak awal-awal kepemimpinannya ditekankan karena memang tercermin dalam visi dan misi yang diemban.
“Cita-cita pencapaian kesejahteraan masyarakat akan sangat sulit tercapai jika mekanisme dan akuntabilitas pe­nganggaran di dalam pemerintahan tidak berkualitas, termasuk dalam hal per­tanggungjawaban di akhir pelaksanaan. Inilah yang menjadi salah satu aspek perhatian khusus dari saya agar harapan-harapan kita semakin terakselerasi untuk mewujudkan kininduma (Kesejahteraan-red),” paparnay.
Acara ini sendiri merupakan rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2014 yang dibuka oleh Wakil Presiden Boediono. Rakernas tahun ini mengambil thema “Dengan Semangat Wajar Tanpa Pengecualian Sukseskan Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual di Tahun 2015”.
Acara diikuti oleh sekitar 778 peserta di lingkungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.Dalam arahannya Wapres menyampaikan,saat ini kualitas laporan keuangan, baik Laporan Keua­ngan Pemerintah Pusat (LKPP) maupun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), telah menunjukkan perbaikan yang signifikan.
“Saya sampaikan apresiasi, namun pekerjaan belum selesai. Upaya pe­ningkatan kualitas laporan keuangan harus ditingkatkan karena masih banyak Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang belum dapat WTP,” jelas Wapres. (marihot)

Close Ads X
Close Ads X