Pertanda Bangkit

headline____
Madrid | Jurnal Asia
Diselimuti beban besar menyusul hasil-hasil mengecewakan, Real Madrid sukses melumat FC Basel di laga pertama fase grup Liga Champions. Kemenangan ini pun mengembalikan Los Blancos ke jalur positif. Real Madrid sukses menjemput kebangkitannya setelah mengalami dua kekalahan beruntun. Los Merengues meraih kemenangan telak atas Basel dengan skor 5-1 saat mengawali petualangan mereka mempertahankan gelar juara Liga Champions.
Menjamu Basel di Santiago Bernabeu, Rabu (17/9) dinihari WIB, Madrid membuka keunggulan mereka berkat gol bunuh diri Marek Suchy. Setelah itu, Gareth Bale, Cristiano Ronaldo, dan James Rodriguez berturut-turut membawa mereka memimpin 4-0. Sebelum turun minum, Basel memperkecil ketertinggalan menjadi 1-4 lewat gol Derlis Gonzalez.
Madrid mencetak satu gol tambahan pada babak kedua. Mereka memantapkan kemenangannya melalui gol Karim Benzema. Hasil ini menempatkan Madrid di puncak klasemen Grup B dengan poin tiga. Basel di posisi terbawah dengan poin nol.
Hasil ini sekaligus memperbaiki laju Madrid yang sebelumnya menelan dua kekalahan beruntun di La Liga. Setelah takluk di markas Real Sociedad, tim arahan Carlo Ancelotti itu kemudian dipaksa mengakui keunggulan Atletico Madrid.
Kemenangan ini disambut gembira oleh Nacho Fernandez. Bek yang juga turut berperan dalam terciptanya gol pertama Madrid itu menyebut kemenangan ini penting bagi timnya.
“Ini adalah kemenangan penting, khususnya setelah apa yang terjadi di liga. Itu bukan pertandingan terbaik tapi semuanya berbeda. Kami punya tempo yang bagus di sepanjang pertandingan dan kami sudah mendapat apa yang kami inginkan,” sahut Nacho Fernandez, bek yang juga turut berperan dalam terciptanya gol pertama Madrid.
Dalam laga krusial karena menipisnya kepercayaan Madridista terhadap performa Los Blancos, seluruh punggawa Madrid memang tampil meyakinkan, termasuk sang kiper Iker Casillas, yang tampil solid di tengah sorotan tajam kepadanya karena penampilan yang dianggap menurun. Penampilan Iker pun memuaskan pelatih Carlo Ancelotti, juga dengan Karim Benzema dan barisan lini depan yang tajam.
Casillas membuat satu penyelamatan penting dalam posisi satu lawan satu dengan pemain lawan di babak kedua akibat blunder Raphael Varane.
“Saya katakan kalau saya tidak mau berbicara soal kiper. Saya sudah melihat apa yang dilakukan kiper ketika ada di dalam lapangan. Saya menyukainya,” ungkap Ancelotti. “Kami bangkit dari kekalahan di hari Minggu dan kami bereaksi dengan baik. Yang terpenting adalah memulai dengan baik. Semuanya berjalan baik dan kami mengendalikan jalannya babak kedua.”
Juga dapat sanjungan dari Ancelotti adalah Karim Benzema. Mencetak gol keempat Madrid, yang sekaligus jadi gol ke-1.000 El Real di Eropa, Benzema menjawab kritik atas ketajamannya yang dituding sudah jauh menurun.
“Saya melihat Karim Benzema. Diua bermain dengan sangat baik. Tiga pemain di depan juga sangat bagus. James juga tampil oke dan punya sikap yang sangat baik,” tandas Ancelotti lagi.
Kemenangan dengan skor meyakinkan atas juara Swiss ini tentu menjadi sebuah pelipur lara bagi Madrid. Hasil ini juga sekaligus bisa menjadi pertanda kebangkitan Ancelotti dan pasukannya.
Begitupun, pada babak ke dua Basel bisa lebih menguasai pertandingan. Namun, mereka tidak mampu menambah gol, melainkan harus kebobolan di 10 menit terakhir sebelum pertandingan selesai melalui gol dari Karim Benzema.
Meski menang meyakinkan, namun dari pertandingan ini masih menunjukkan Madrid belum lepas dari masalah yang masih sama dengan pertandingan-pertandingan mereka sebelumnya, yaitu pertahanan yang buruk. Ini akan menyisakan pekerjaan rumah yang panjang bagi Ancelotti.
“Saya pikir para penggemar akan senang dengan pertandingan ini. Tim bermain baik, kami mencetak banyak gol dan mencoba bermain sebaik mungkin yang kami bisa. Publik Bernabeu puas setelah performa itu. Kami harus bersikap positif. Saya tidak mendengar cemoohan, tapi ketika para penggemar bernyanyi ‘How can I not love you’, tentu saja saya mendengarnya. Saya mau hidup dengan positif,” sahut Ancelotti. (adp-dc-goal-ss-vv)

Close Ads X
Close Ads X