BRI Cari Target Baru

Jakarta | Jurnal Asia
Batal menawar PT Bank Mutiara tidak membuat PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) patah semangat. Berbekal dana Rp3 triliun, bank pelat merah ini masih mengincar anak usaha baru dari sektor perbankan, sekuritas, atau asuransi.
“Jadi kita siapkan budget Rp 3 triliun. Kita berkeinginan punya bank, punya asuransi, atau punya sekuritas,” ujar sekretaris perusahaan BRI, Budi Satria, kemarin. Namun, emiten bursa dengan kode saham BBRI ini enggan memastikan apakah hanya membeli satu entitas, misalnya bank saja atau membeli lebih dari satu entitas, misalnya bank dan sekuritas atau asuransi. Sebab, Menurut Budi, saat ini BRI sedang mencari perusahaan yang sesuai dengan visi BRI sebagai consumer banking.
Selain itu, perusahaan yang akan dibeli nanti harus punya kinerja keuangan yang baik. “Kita masih shopping around, kita masih melihat mana yang paling cocok,” kata Budi. Dia menambahkan, BRI menghormati keputusan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang tidak memilih BRI menjadi calon investor bank Mutiara. Menurutnya, BRI sudah memberi penawaran harga dengan mempertimbangkan semua aspek yang diperoleh selama sebulan lebih proses due diligence atau uji tuntas Bank Mutiara. Pertimbangan itu antara lain dari sisi operasional, keuangan, maupun hukum.
“Bahwa LPS kemudian memutuskan J Trust sebagai pemenang itu masalah yang lain. Tapi yang jelas sudah kita upayakan yang terbaik,” tutup Budi (dtc)

Close Ads X
Close Ads X