Masalah Energi dan Transportasi Peluang Investasi

foto kaki- dubes jerman dan walikota
Jerman mulai meninggalkan Jakarta dengan melirik Sumatera Utara dan Medan sebagai lokasi investasi masa depan. Dengan dukungan perbankan, Jerman berminat menanamkan modal bidang energi, infrastruktur dan tranposrtasi.
Hal itu menjadi poin penting dalam pembicaraan antara Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST dan Duta Besar (Dubes) Jerman untuk Indonesia, Dr Geong Witschelm serta Walikota Medan Dzulmi Eldin, Kamis (18/9).
Dalam kunjungan resminya Dubes Jerman untuk RI itu didampingi Mr Barakat, Mr Gruss, Mr Winter, Mr Asana, Mr Ronnfeld, Mr Mohr, Mr Rohde dan Konsul Kehormatan Jerman di Medan, Liliek Darmadi. Witschel menyampaikan kepada Gubsu, Indonesia adalah negara sahabat dan tempat investasi yang baik khususnya di Provinsi SUmatera Utara. Menurut Dubes, kalangan pebisnis Jerman sangat tertarik untuk berinvestasi di Sumut.
Dikatakannya, Jerman ingin mencari lokasi investasi lain selain Jakarta dan Sumut merupakan salah satu provinsi yang potensial.
“Kenapa kami datang dalam jumlah besar ke Medan? karena kami sangat tertarik untuk kerjasamadengan Provinsi anda. Kita ingin keluar dari Jakarta. Karena Jakarta memang bisa saja kota terpenting di Indonesia. Tapi bukan satu-satunya kota yang penting di Indonesia,” ujarnya kepada Gubsu.
Menurutnya Jerman siap untuk bekerjasama lebih erat dengan Indonesia khususnya Sumatera Utara. Dubes Jerman mengatakan pihaknya sengaja membawa serta CEO Bank kedua terbesar di Jerman dalam ragka penjajakan kerjasama dengan provinsi yang menjadi pintu gerbang wilayah Indonesia Bagian Barat ini.
“Seperti yang Pak Gubernur katakan kerjasama yang kita bangun bisa saja dalam bentuk pembangkit listrik dan transportasi massal perkotaan, yang mana bisa dibayai oleh bank terbesar kedua Jerman dan Bank Pempembangunan Jerman disamping kita tetap menjalin kerjasama dengan universitas,” tambahnya.
Dubes Jerman mengaku senang berkunjung ke SUmatera Utara dimana kunjungan tersebut merupakan yang kedua. “Saya sudah dua kali berkunjung ke Medan, yang pertama dengan wakil-wakil terpenting dari kamar dagang Jerman juga dinas pertukaran pelajar Jerman yang memberikan bea siswa bagi Indonesia ke Jerman,” ujarnya.
Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi yang disampingi Asisten Kessos Provsu Zulkarnain, Kepala Bappeda Provsu Arsyad Lubis dan Kepala BPMP Provsu Purnama Dewi menyambut ketertarikan Jerman dalam berinvestasi di Sumut khususnya pada bidang infrastruktur, energi dan kerjasama bidang pendidikan.
Provinsi Sumut, lanjut Gubsu mempunyai beberapa pusat pertumbuhan perekonomian yakni Mebidangro yakin Medan, Binjai Deliserdang dan karo yang akan menjadi kota Megapolitan dan Bandara Kualanamu yang dipersiapkan untuk bandara Aerotropolis.
Disamping itu, lanjut Gubsu, pusat pertumbuhan perekonomian lainnya adalah Sei Mangke merupakan daerah industri baru yang saat ini membuka lebar untuk investor, baik asing maupun dalam negeri.
“Disini juga kita berharap berharap dari pihak pelaku usaha Jerman dapat berinvestasi khususnya bidang energi,”ujarnya. (andri/mag-1)

Close Ads X
Close Ads X