Wali Kota Apresiasi Penandatanganan Kerjasama Pendidikan Ritel

Apresiasi Penandatangan Kerjasama Pendidikan Ritel
Medan | Jurnal Asia
Wali Kota Medan,Drs. HT Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi kerjasama pendidikan ritel yang dilakukan antara PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) dengan SMK Tritech Informatika. Apalagi kerjasama itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan anak didik menghadapi pasar bebas pada tahun 2015 mendatang.
Apresiasi ini disampaikan Wali Kota ketika menyaksikan penandatanganan kerjasama ritel antara PT Sumber Alfamart dengan SMK Tritech Informatika di halaman Sekolah Triteck Informatika Jalan Bhayangkara, Medan Tembung, Jumat (19/9).
Hadir pada Penandatanan tersebut Pembina Yayasan Triadi Teknologi Zulkifli, Komisaris PT
Alfamart Komjen (Purn) Drs Ahwil Lutan, Kepala Sekolah SMK Triteck Informatika Drs
Suprianto dan Dandim 02/01 BS Letkol Kav Setiawan.
Dikatakan Wali Kota, tahun 2015 mendatang Indonesia akan menghadapi pasar bebas ASEAN dimana berbagai macam barang komoditi dan jasa dari negara negara ASEAN akan bebas masuk tanpa adanya biaya pajak impor yang tinggi.
“Tentunya dalam menghadapi tantangan tersebut, kita harus siap sedia menghadapi perdagangan bebas, mulai persiapan keamanan, ekonomi, budaya, infrastruktur serta daya saing sumber daya manusia,” kata Wali Kota.
Atas dasar tantangan itulah, kata Wali kota, menjadi pekerjaan rumah pemerintah dalam menghadapi perdagangan bebas. Karena itu dibutuhkan keseriusan dalam mempersiapkan diri agar dapat bersaing dan menjadi pemenangnya, bukan sebaliknya hanya menjadi komoditi pasar saja.
Selanjutnya Walikota mengungkapkan, dalam menghadapi ASEAN Community 2015 tentunya sebagai peserta didik harus menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi dan informasi.
Dengan begitu ketika bekerja nanti ataupun dalam menciptakan lapangan pekerjaan, mampu membaca peluang dunia usaha dan industri sehingga dapat bersaing dalam pasar perdagangan bebas ASEAN tersebut.
“Selaku Wali Kota saya sangat menyambut baik beberapa komponen yang dilakukan SMK Tritech Informatika dalam rangka mempersiapkan anak didik menghadapi ASEAN Community, seperti menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan industry.
Selain itu juga melakukan kurikulum bersama sebagai bagian dari upaya mendidik siswa siswi SMK Tritech Informatika menjadi SDM yang handal dan profesional”, ungkap Walikota.
Untuk itu atas nama Pemko Medan, Wali Kota mengucapkan selamat atas penandatanganan MoU antar PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) dengan SMK Tritech Informatika.
Sebelumnya, Kepsek SMK Triteck Informatika Drs Suprianto mengaku merasa bangga karena sekolah yang dipimpinnya dipilih sebagai SMK percontohan program Alfamart Class. Dia berharap dengan adanya perubahan kurikulum tersebut, para siswa yang memiliki kelebihan dibandingkan lulusan SMK lainnya.
“Dengan kurikulum ritel ini mereka akan memiliki kompetensi di bidang ritel yang tidak dapat diisi di SMK-SMK lainnya di Kota Medan.
Harapan saya para siswa ritel ini nantinya dapat memberikan contoh bagi siswa dari sekolah lain,” harap Suprianto.
Sedangkan Komisaris PT Alfamart, Komjen (Purn) Drs Ahwil Lutan menjelaskan, industri ritel membutuhkan SDM dalam jumlah besar, dimana industri ini merupakan industri padat karya karena pelayanannya yang diberikan dilakukan oleh SDM yan baik. Untuk mendapatkan SDM yang mengerti fungsi dan perannya di bidang ritel tidaklah mudah. Untuk itu Alfamart Class diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan SDM tersebut.
“ Program Alfamart Class merupakan program dari PT Alfamart yakni membantu pihak SMK dan memperluas, memfasilitasi proses pembelajaran melalui penyediaan sarana praktek siswa, magang siswa, pelatihan pendidikan ritel bagi para pengajar maupun mendukung proses pembelajaran lainnya. Ke depannya lulusan program Alfamart Calss dipastikan dapat bekerja pada jaringan toko Alfamart,” ungkap Ahwil Lutan.
(mag-01)

Close Ads X
Close Ads X