Wisata Rumah Sejarah Tjong A Fie

IMG_8317

IMG_8354

IMG_8365

IMG_8376

IMG_8382

IMG_8398

IMG_8426

IMG_8432

IMG_8443

IMG_8444

IMG_8457

IMG_8459
Bangunan kediaman Tjong A Fie, pemimpin masyarakat Tionghoa pada masa silam, yang ber­ada di kawasan Jalan Ahmad Yani, Kesawan, Medan saat ini dijadikan sebagai Tjong A Fie Memorial Ins­titute.
Rumah Tjong A Fie ini didirikan pada 1900 dan telah menjadi salah satu wisata sejarah di Kota Medan, Sumatera Utara. Bangunannya hingga kini tidak banyak perubahan, hanya perbaikan renovasi untuk mempertahankan nilai sejarahnya.
Sebagai wisata rumah sejarah, ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional. Dilihat dari arsitekturnya, rumah bersejarah ini merupakan bangunan yang didesain dengan gaya ar­sitektur Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco.
Pengunjung bisa lebih me­nge­tahui sejarah kehidupan Tjong A Fie lewat foto-foto, lukisan serta pe­rabot rumah yang digunakan oleh keluarganya serta mempelajari budaya Melayu-Tionghoa.
Tjong A Fie sukses menjadi pengusaha di Kota Medan. Selain kisah hidup suksesnya yang berawal dari nol itu, sikap dermawannya juga banyak mendapat perhatian publik.
Dirinya juga banyak membantu pembangunan beberapa bangunan di Medan seperti gereja, masjid serta me­nolong orang-orang tidak mampu tanpa pernah menyoalkan latar bela­kang agama dan etnis.
(Hamdani)

Close Ads X
Close Ads X