HNSI Sumut Dilantik

HNSI-samping II
Belawan | Jurnal Asia
Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPD HNSI) Sumut masa baakti 2013-2018 dilantik oleh Ketua DPP Pusat Yusuf Solichien Martadiningrat di Wisma Hermina, Jalan Raya Pelabuhan Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan, Senin (22/9).
DPD HNSI Sumut dengan susunan kepengurusan Syah Affandin (ketua), Pendi Pohan (Sekretaris) dan Akhmad Nurdin Saleh (Bendahara) dan dibantu sejumlah wakil serta pengurus biro organisasi.
Hadir dalam acara tersebut Danlantamal I Laksma TNI Pulung Prambudi, Wagubsu Tengku Erry Nuriadi, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Aswin Sipayung dan sejumlah pejabat terkait lainnya.
Dalam acara yang bertema “Nelayan Sejahtera Negara Kuat” itu Ketua DPP Pusat Yusuf Solichien Martadiningrat mengatakan, sampai saat ini nelayan masih dalam posisi miskin dan susah. Untuk itu HNSI sebagai salah satu wadah nelayan harus terus menyuarakan nasib nelayan kepada pemerintah, agar ada perubahan dalam kehidupan di masa mendatang.
Disebutkannya, untuk pemerintahan baru ini, HNSI telah mengajukan sejumlah program yang harus dilakukan pemerintah diantaranya membentuk badan keamanan laut nasional agar pengamanan masalah nelayan di laut tidak tumpang tindih seperti saat ini.
“Dulu Malaysia seperti kita, namun setelah mereka membuat kebijakan penanganan masalah nelayan hanya dilakukan dua instansi yakni AL dan Coast Goard, kehidupan nelayan mereka sekarang telah membaik,” katanya.
Kemudian pemerintah, tambahnya, harus membentuk Bulog dan dan memperbanyak pembangunan coolstorage ikan untuk nelayan, sehingga ketika nelayan panen hasilnya bisa dijual ke Bulog dan tidak banyak lagi ikan yang terbuang waktu nelayan panen. Nelayan juga harus tetap diberi subsidi karena kondisi nelayan masih belum mampu membeli barang non subsidi. Selain itu nelayan juga butuh intensif untuk memajukan usahanya.
“Di Malaysia, setiap hasil nelayan diberi insentif yang bisa memicu mereka meningkatkan hasil tangkapan dan menurunkannya di dermaga,” ujar Solichien.
Sementara itu, Wagubsu Erry Nuriadi mengatakan, jumlah ekspor ikan Sumut tiap tahun mengalami peningkatan. Hal itu terjadi akibat adanya dorongan pemerintah dan instansi terkait serta kerja keras nelayan. Selain itu, untuk terus memajukan nelayan Pempropsu telah melakukan sejumlah program dan bantuan diantaranya program pemberian asuransi dan bantuan kapal beserta alat tangkapnya.
“Bantuan yang diberikan harus dimanfaatkan dengan baik dan kepada HNSI kami minta untuk selalu memikirkan dan membantu pemerintah dalam membuat program nelayan yang tepat sasaran,” ucap Wagubsu.
Sebelumnya, Ketua DPD HNSI terpilih Syah Afandin mengatakan, ucapan terima kasih kepada nelayan dan pengurus HNSI Kabupaten/Kota yang kembali memberi kepercayaan kepadanya memimpin HNSI Sumut.”Saya berharap bantuan pengurus untuk suksesnya nelayan kedepan,” katanya (syahril)

Close Ads X
Close Ads X