Pemkab Humbahas Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Penghargaan
Doloksanggul | Jurnal Asia
Menteri Perhubungan Republik In­do­nesia diwakili Dirjen Perhubungan Darat Soeroyo Alimoeso menyerahkan Penghargaan Plakat Wahana Tata Nug­raha (WTN) kepada Bupati Humbang Hasundutan Drs Maddin Sihombing MSi didampingi oleh Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Jaulim Simanullang S.Pd MM mewakili Kepala Dinas Perhubungan dan Pariwisata (Kadishubpar) Kabupaten Humbang Hasundutan pada kegiatan Pameran Transportasi Indonesia Tahun 2014.
Penyerahan penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2014 sesuai dengan Surat Dirjen Perhubungan Darat Nomor: UM.202/27/1/DJPD/2014 tanggal 5 September 2014 perihal Pemberitahuan Penyerahan Penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2014 dilaksanakan pada Rabu (10/9) pekan lalu bertempat di SMESCO Convention Center, Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 94 Jakarta Selatan.
Dalam kesempatan itu Maddin me­ngatakan, peningkatan pelayanan per­­hubungan yang baik tentu adanya ker­jasama dari seluruh elemen mas­yarakat terutama dari pengendara, baik roda dua maupun roda empat atau lebih agar selalu mematuhi rambu-rambu dan ketentuan aturan peraturan lalulintas, sehingga tercipta Lalulintas dan Angkutan Jalan yang aman, selamat, tertib, lancar, dan terpadu.
Dibidang lalulintas dan angkutan jalan, mampu mendorong perekonomian, memajukan kesejahteraan umum, mem­perkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, serta mampu menjunjung tinggi martabat bangsa.
Maddin menambahkan, dengan peng­­­­­hargaan ini Pemerintah ­Kabu­pa­ten Hum­bang Hasundutan melalui Di­nas Perhubungan dan Pariwisata akan me­­­­ningkatkan pelayanan di bidang per­­­­hubungan untuk mewujudkan etika ber­­­lalu lintas, penegakan hukum dan ke­­­­pastian hukum bagi masyarakat dapat ter­­laksana, dengan motto ”Jadilah pelo­por ke­­selamatan berlalulintas”.
Kadishubpar melalui Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Jaulim Si­manullang Spd MM yang saat itu ikut dalam rombongan mengatakan sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Pasal 208 bahwa budaya keamanan dan keselamatan lalulintas dan angkutan jalan perlu di dorong dan diapresiasi dengan berbagai upaya, diantaranya adalah melalui Wahana Tata Nugraha (WTN) yaitu pemberian penghargaan oleh Pemerintah kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota atas kemampuan daerah dan peran serta masyarakatnya dalam meningkatkan penyelenggaraan kinerja sistem transportasi perkotaan.
Terciptanya sistem lalulintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, sel­amat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna, juga yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM. 5 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Wahana Tata Nugraha.
Tambah Jaulim, kegiatan Penilaian Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2014 sudah terlaksana dengan baik di Kota Doloksanggul oleh Tim Penilai dari Direktorat Bina Sistem Transportasi Perkotaan Kementerian Perhubungan RI yang diketuai oleh Ir Karlo Manik MSc dan didampingi Fahni Mauludi ST MT, Wahyu Suntoro S.SiT, serta Parlin Marpaung sebagai pendamping dari Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, telah melakukan tahapan penilaian dari sisi administrasi dan teknis dilapangan di Kota Doloksanggul pada 7-9 Juni 2014 yang lalu.
Dengan hasil penilaian tersebut telah ditetapkan Kota/Kabupaten dan Provinsi penerima Penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2014 dengan Keputu­san Menteri Perhubungan Nomor : KP 747 Tahun 2014 tentang Penetapan Kabupa­­ten/Ko­ta dan Provinsi Penerima Penghargaan Wa­hana Tata Nugraha Tahun 2014, dimana Kota Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan men­dapat penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2014, yaitu penghargaan dari Menteri Perhubungan kepada daerah Kabupaten/Kota yang dalam penilaian kinerja sistem transportasi perkotaan dengan indikator baik, jelas Jaulim mengakhiri.
(firman tobing)

Close Ads X
Close Ads X