Hasil Audisi Tari Kreasi Labuhanbatu Akan Berangkat Ke Malaka

Puisi & Tari 1
Rantauprapat | Jurnal Asia
Para peserta hasil audisi tari kreasi berakar budaya lokal pada tahun 2015 akan difasilitsi Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD untuk berangkat ke Kota Tua Malaka di Malaysia dalam mengisi Pagelaran Seni yang bertajuk “Semalam di Labuhanbatu” dan siap membawa peserta audisi ke kota yang lebih besar seperti Trenggano. Janji yang disampaikan Bupati Labuhanbatu tersebut dikemukakannya pada acara Penutupan Lomba Baca Puisi Kolaborasi Guru dan Siswa & Tari Kreasi Berakar Budaya yang diprakarsai oleh Dewan Kesenian Kabupaten Labuhanbatu, Minggu (21/9) siang di Gedung Nasional Rantauprapat.
Menurut Tigor, Kegiatan Lomba Baca Puisi Kolaborasi Guru dan Siswa & Tari Kreasi Berakar Budaya lokal ini adalah awal kerja dari Dewan Kesenian kita untuk membina budaya Kabupaten Labuhanbatu, dengan harapan mudah-mudahan dapat berlanjut dan makin maju lagi dengan prestasi yang baik dan terbaik. “Kegiatan ini adalah penampilan pertama Dewan Kesenian Kabupaten Labuhanbatu di Tahun 2014, untuk itu bagi peserta yang kalah dalam Lomba Baca Puisi Kolaborasi Guru dan Siswa & Tari Kreasi Berakar Budaya Lokal jangan berkecil hati karena kekalahan itu adalah kemenangan yang tertunda, belajarlah kembali dengan giat dan benar agar pada masa-masa yang akan datang dapat meraih prestasi,” kata Tigor mengingatkan.
Khusus kepada bapak dan ibu Guru, Tigor mengucapkan terimakasih karena baca puisi ini adalah untuk melatih otak kanan supaya menjadi orang yang bijaksana dihari tua nanti, tanamkan kepada anak-anak murid di sekolah jangan pakai istilah kata lumayan di dalam kepala, yang ada kata baik dan terbaik, karena kata-kata lumayan itu tidak akan membuat kita meraih prestasi.
Sementara, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Labuhanbatu H Said Adlin SPd dalam sambutannya mengatakan, bahwa program kerja Dewan Kesenian Kabupaten Labuhanbatu pada Tahun 2014 yang sudah dilaksanakan antara lain adalah melaksanakan Lomba Layang-Layang, Lomba Melukis dan Lomba Baca Puisi Kolaborasi Guru dan Siswa & Tari Kreasi Berakar Budaya yang dilaksanakan selama dua hari ini di Gedung Nasional Rantauprapat yaitu dari tanggal 20 s/d 21 September 2014.
Sedangkan Program Kerja yang akan datang, Dewan Kesenian Kabupaten Labuhanbatu akan melaksanakan kegiatan Festival Musik, Festival Teatre, Festival Film Pendek dan Seminar Penetapan Tari Cenggok-Cenggok menjadi Tari Khas Kabupaten Labuhanbatu, kemudian melaksanakan Pagelaran Seni yang bertajuk “Semalam di Labuhanbatu” yang akan dipagelarkan di Kota Tua Malaka – Malaysia.
Sebelum kegiatan Lomba Baca Puisi Kolaborasi Guru dan Siswa & Tari Kreasi Berakar Budaya itu ditutup oleh Bupati Labuhanbatu, para dewan juri terlebih dahulu mengumumkan para juara atau pemenang. Untuk juara Lomba Baca Puisi Kolaborasi Guru dan Siswa Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2014, Juara I diraih oleh SMK Kesehatan Sartika Rantauprapat, Juara II SMK Negeri 1 Rantau Utara, Juara III SMA Negeri 2 Rantau Utara, Juara Harapan I SMA Negeri 1 Rantau Utara, Harapan II SMA Yapim Rantauprapat dan Juara Harapan III diraih oleh SMA Budhis Jayanti Rantauprapat.
Sedangkan pemenang Lomba Tari Kreasi Berakar Budaya Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2014 diraih oleh SMA Negeri 1 Rantau Utara sebagai Juara I, Juara II SMK Kesehatan Sartika, Juara III SMA Negeri 3 Rantau Utara dan Juara IV diraih oleh SMK Negeri 3 Rantau Utara.
Khusus kepada Juara I Lomba Baca Puisi Kolaborasi Guru dan Siswa, secara pribadi dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD memberikan hadiah bonus kepada Guru dan Siswanya masing-masing satu unit Laptop untuk menjadi milik pribadi, sedangkan kepada Juara I Lomba Tari Kreasi Berakar Budaya, Tigor juga memberikan hadiah bonus berupa satu unit Laptop yang menjadi milik sekolah dan uang tunai sebesar Rp. 5 Juta untuk para peserta. (robet)

Close Ads X
Close Ads X