Menjaring Untung di Kolam Pancing

img_0020

img04125-20110727-1136

kolam kelapa ijo

kolam-pancing-anak

pemancingan

SAM_3227
Usaha kolam pancing merupakan salah satu usaha yang paling banyak dijadikan usaha atau bisnis menjaring keuntungan. Modalnya lahan, ikan dan perlengkapan yang diperlukan. Memang dibutuhkan investasi yang lumayan, namun bila berhasil, kolam pancing tambang uang bagi pemiliknya. Untuk memulai usaha ini Anda harus menentukan daerah yang cocok yaitu daerah yang tidak terlalu panas. Lebih baik daerah yang cuacanya sejuk, agar para pemancing bisa merasakan kesenangan saat mancing. Cari juga tempat yang cukup ramai agar menjadi daya tarik mendatangkan para peman­cing.
Perlengkapan memulai usaha kolam pancing harus Anda ketahui. Sekali pun bila tempat anda sudah bagus dan suasananya sejuk Anda harus pandai juga dalam mencari perlengkapan seperti tempat perlindungan dari panas dan hujan, bangku untuk tempat duduk sambil mancing. Usahakan harus pandai dan tepat meletakkan perlengkapan tersebut.
Selain perlengkapan, usaha ini membutuhkan karyawan. Pastinya sangat sulit untuk membuat usaha ini berkembang bila hanya Anda sendiri yang melayani costumer.
Anda harus juga mencari karyawan agar bisa membantu ketika ada problem atau masalah dan untuk menjaga kolam pancing Anda.
Dalam kolam pancing harus diisi ikan yang paling banyak dibeli ataupun ikan yang sangat diminati para pengunjung seperti ikan nila, ikan mas, ikan gurame dan ikan lele. Jika kita ingin cepat memulai maka masukkan saja ikan yang besar sehingga dapat menarik minat konsumen.
Daerah Pinggiran
Usaha ini cocok untuk Anda yang mempunyai lokasi di daerah pinggiran dan masih agak “ngampung” daerahnya.
Sebagai referensi saja, bahwa banyak orang yang melepaskan lelah dan penat bekerja selama 5 hari dengan refreshing pergi memancing. Anda yang memiliki tanah di daerah pinggiran mungkin tak ada salahnya mempertimbangkan usaha ini. Agar nyaman setidak-tidaknya Anda harus memiliki tanah yang luasnya lebih kurang 1 ha.
Untuk kolam bisa dibuat selebar 50m X 50 m, sisanya dialokasikan untuk tempat parkir pengunjung dan kafe sederhana yang menunya minuman dan makanan. Sediakan juga di kafe tersebut sewa alat pancing dan perlengkapannya.
Untuk tarif sewa bisa Anda tetapkan perjam, atau perkilogram ikan, terserah bagaimana baiknya. Membuka kolam pancing akan mendapat omset dari sewa kolam, jasa parkir, kafe, restoran panggang ikan, dan jual beli perlengkapan pancing.
Kiat Sukses
Apapun yang dikerjakan, bila ditekuni dengan baik dan benar tentu akan menuai hasil yang besar. Termasuk dalam bisnis kolam pancing. Apalagi bisnis pemancingan kolam ikan sekarang telah menjadi tren bagi semua kalangan, bukan saja untuk para penghobi memancing, tapi sekarang telah merambat untuk semua orang. Kenapa seperti itu? Iya karena memancing di kolam siapa saja bisa melakukannya.
Dengan memancing di kolam pancing, setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing.
Jadi semua orang bisa memancing dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan.
Jika kita bisa melihat peluang dan prospeknya, bisnis kolam pemancingan bisa menjadi bisnis yang menggiurkan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan.
Pengelolaan bisnis kolam pemanci­ngan ini relatif cukup mudah dan persai­ngannya tidak terlalu ramai. Kolam pemancingan banyak sekali penggemarnya mulai saja dari penggemar mancing, keluarga yang butuh rekreasi, anak-anak muda, orang yang senang hobi memancing dan banyak lagi kalangan lain yang meminatinya. (int)

Close Ads X
Close Ads X