Indonesia Surga Wisata MICE

kaki
Jakarta | Jurnal Asia
Indonesia bertekad menjadi surga wisata Meeting Insentif Convention dan Exhibition (MICE) karena memiliki sejumlah destinasi wisata pendukung sebagai modal utama pencapaian target tersebut.
“Indonesia dengan sejumlah desti­nasi wisata alam, bahari, ekoturisme yang dimiliki merupakan modal utama yang bisa menjadikan Indonesia sebagai surga wisata MICE dunia,” kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI), Wiryanti Sukamdani, dalam Gathering Pers bertema Indonesia Sebagai Surga MICE Dunia, di Jakarta, Selasa. Ia mengatakan wisata MICE sangat po­­ten­sial dikembangkan di Indonesia­ ka­re­na kontribusinya yang semakin besar da­­lam menjaring jumlah kunjungan wi­satawan mancanegara (wisman). Pada 2013, BPPI mencatat wisata MICE berkontribusi 40 persen terhadap jumlah kunjungan wisman sepanjang tahun.
“Kami sendiri mengharapkan pada 2019 jumlah kunjungan wisman bisa mencapai 20 sampai 25 juta dan 275 juta perjalanan wisatawan nusantara. Angka itu bisa dicapai salah satunya dengan mendongkrak kinerja sektor MICE,” katanya.
MICE di Indonesia menghadapi sejumlah keterbatasaan di antaranya ketersediaan ruang convention dan exhibition berkapasitas di atas 6.000 orang hanya ada di Jakarta dan Bali sebagai eksisting destinasi.
Sedangkan di potensial destinasi termasuk Surabaya, Medan, Manado, Makassar, Bandung, Solo, dan Yogya­karta serta di emerging destinasi meliputi Balikpapan dan Lombok jum­lahnya masih terbatas.
Sejumlah kendala lain meliputi infrastruktur, aksesibilitas, sumber daya manusia, dan konektivitas.
“Kami berharap ke depan Indonesia mampu memaksimalkan potensi MICE,” katanya.
Beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya merangkul asosiasi profesi tingkat dunia untuk menyelenggarakan acara di Indonesia.
Selain itu mendorong event cross border (daerah perbatasan) untuk membuat acara pariwisata yang ber­kualitas seperti yang telah dilakukan selama ini yakni Bintan Triathlon, Tour de Bintan, dan MetaMan di Bintang yang perlu terus dikembangkan mengingat Singapura dan Malaysia merupakan pasar utama Indonesia. (ant)

Close Ads X
Close Ads X