Pertumbuhan Ekonomi Kerek Industri Nonmigas

Jakarta | Jurnal Asia
Kementrian Perindustrian optimistis tatkala ekonomi mampu tumbuh 7% per tahun maka pertumbuhan industri pengolahan nonmigas akan di level 8%. Seiring dengan peningkatan pertumbuhan, kontribusi industri terhadap PDB nasional juga semakin banyak. Prognosis Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam lima tahun ke depan porsi industri mencapai 24,9% dalam PDB.
Staf Khusus Menteri Perindustrian Bidang Industri dan Hubungan Antar Lembaga Kemenperin, Erna Zetha, mengatakan sekarang kontribusi sektor nonmigas di kisaran 20% terhadap PDB. Persentase ini perlu terus digenjot agar RI layak disebut sebagai negara industri tangguh pada 2035. “Target kami porsi industri nonmigas dalam PDB pada 2035 sedikitnya 30%,” katanya, Rabu (1/10). Mengawali Tahun Kuda 2014, Perindustrian mematok pertumbuhan 6%. Hari demi hari berlalu, optimistis menyusut berganti realistis sehingga industri nonmigas ditargetkan tumbuh 5,6% saja.
Pada tahun depan Kemenperin memproyeksikan industri mampu tumbuh di atas 6% bahkan menyentuh 6,8%. Saat itu industri nonmigas menyumbang PDB sedikitnya 21,2%, sedangkan keseluruhan industri berkontribusi lebih dari 24%.
“Target kontribusi industri ke PDB ini kami target memang tinggi. Melalui RIPIN kami rancang industri prioritas apa saja, mereka itu yang akan digenjot pertumbuhannya,” kata Erna.
Melalui larangan ekspor barang mineral mentah serta masuknya investasi petrokimia diharapkan bisa memberikan nilai tambah berkali lipat kepada RI. Pasalnya sektor ini akan melokalisasi proses pengolahan material mentah di dalam negeri. (bc)

Close Ads X
Close Ads X