Pengetahuan Penting Budidaya Bebek Peking

4708475_bebek-peking-garut

bebek peking

bebek-peking

bebek-peking1

bebek-peking3

Peking Duck Live

url
Pola pemeliharaan bebek peking secara intensif menjadi pilihan bisnis yang cukup menjanjikan. Namun pemahaman dan pengetahuan tentang cara memelihara bebek peking menjadi hal yang cukup penting. Bebek peking adalah bebek pedaging atau potong yang asalnya dari peking, bebek ini cocok dibudidayakan di Indonesia. Kelebihan dari bebek peking ini ada pada harga jual yang tinggi, peraingan usaha juga rendah dan masa panen dari bebek peking relative lebih cepat dibandingkan dengan bebek lainnya seperti tiktok, itik dan entok. Kelebihan inilah yeng membuat banyak peternak saat ini mencari DOD (Day Old Duck) hingga ke berbagai daerah.
Agar menjadi bisnis yang menguntungkan, pola pemeliharaan dan perawatan yang baik harus diperhatikan. Memelihara bebek peking memiliki teknik dan perawatan yang berbeda-beda. Memelihara bebek peking dimulai dari fase starter, fase pertumbuhan (grower) dan fase layer (bertelur). Memelihara bebek peking untuk tujuan penggemukan hanya memerlukan satu masa pemeliharaan dalam waktu kurang lebih dua bulan. Pemeliharaan anak dimulai pada saat berumur satu hari sampai umur 60 hari. Pada masa ini anak-anak itik dipelihara dalam kandang khusus dengan memakai pemanas atau induk buatan.
Pada umur 1 –14 hari anak itik tidak tahan dengan cuaca dingin karena belum dilengkapi dengan bulu yang sempurna untuk menahan dingin. Anak bebek peking diberi makan khusus, yaitu pakan anak yang mempunyai kandungan protein sekitar 19% – 21 % kadar protein dan lebih dikenal dengan makanan
Setelah umur 14 hari anak itik peking tersebut sudah mampu untuk menahan hawa dingin sehingga tidak perlu lagi dibantu dengan induk buatan(pemanas), di kandang ini bisa dipelihara sampai umur 60 hari bagi pemeliharaan pembibitan, selanjutnya setelah umur di atas 60 hari dipindahkan ke kandang masa pertumbuhan (Grower).
Untuk pemeliharaan anak ini bisa dalam bentuk postal ataupun menggunakan kandang. Untuk kandang biasanya dilakukan pada umur 1 – 14 hari, sedangkan dari umur 15 – 60 hari dilaksanakan pada kandang postal karena badan itik sudah mulai besar. Kapasitas kandang, yaitu 10 – 15 ekor/m2.
Masa Pertumbuhan
Periode pemeliharaan itik peking pada masa pertumbuhan, perlu diperhatikan ternak yang dipelihara, karena pada masa ini yang banyak dipelihara adalah itik peking betina sebagai calon bibit pengganti atau persediaan bibit dan juga itik peking Jantan yang berfungsi sebagai pejantan pengganti.
Untuk mempersiapkan peremajaan bibit, maka perlu dipersiapkan bibit pengganti yang mempunyai kelebihan/keunggulan tertentu sebagai bibit pengganti, baik jantan maupun betina dengan sex ratio 1 : 4 ( 1 Jantan 4 betina). Pada periode ini Itik yang dipelihara berumur antara 61 hari sampai dengan 150 hari, edangkan kapasitas kandang pada masa ini sekitar 6 – 8 ekor/m2.
Itik peking yang sudah berumur lima bulan atau lebih baik jantan maupun betina dikatagorikan sebagai itik layer karena pada saat ini kondisi itik sudah bersiap-siap untuk memproduksi telur, ada yang mulai umur 5,5 bulan atau 6 bulan, tetapi secara umum mulai bertelur normal pada umur 6 bulan.
Itik-itik tersebut ditempatkan pada kandang khusus, yaitu kandang itik dewasa, kandang itik ini dilengkapi dengan tempat bertelur serta kandang umbaran atau lapangan tempat bermain yang dilengkapi dengan kolam/saluran air yang berfungsi untuk mandi itik dan mendinginkan tubuh pada saat siang hari dengan sex ratio sekitar satu jantan dengan empat betina. Ternak-ternak ini berfungsi sebagai bibit penghasil telur yang siap untuk ditetaskan sebagai sumber DOD yang dipasarkan untuk bakalan pemeliharaan Itik Peking. Kapasitas dikandang dewasa sekitar 3 – 5 ekor. (int)

Close Ads X
Close Ads X