Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 | Ajang Fotografi Terbesar di Indonesia dan Asia Hadir di Medan

canon
Medan | Jurnal Asia
Ajang fotografi terbesar di Indonesia dan Asia, Canon PhotoMarathon Indonesia, kembali digelar. Kali ini, Medan terpilih sebagai kota pembuka dari 3 kota penyelenggara Canon PhotoMarathon Indonesia yang sudah digelar sejak tahun 2009. Ratusan pecinta fotografi dari kota Medan dan sekitarnya serta sejumlah kota di Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan bahkan sebagian dari Jawa Timur, Jawa Te­ngah serta dari Ibukota Jakarta, berkumpul menjadi satu di Lapangan Merdeka, Medan.
Mereka berkompetisi untuk mem­pe­re­butkan hadiah senilai ratusan juta rupiah ser­ta trip photo clinic ke Jepang dan Lombok dalam ajang Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 putaran Medan.
Untuk pertama kalinya Canon PhotoMarathon Indonesia digelar di wilayah Sumatera, tepatnya di Kota Medan (Sumatera Utara). Selain Medan, Canon PhotoMarathon Indonesia akan berlanjut di dua kota besar lainnya di Indonesia, yaitu Yogyakarta (19 Oktober 2014) dan Jakarta (25 Oktober 2014).
Di kawasan Lapangan Merdeka yang ramai sejak pagi hari terlihat peserta yang turut serta meramaikan ajang ini tidak hanya datang dari kalangan fotografer profesional. Para siswa sekolah, mahasiswa, ibu rumah tangga, profesional hingga para pekerja pun turut ambil bagian dalam ajang Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 di Medan ini. Ada yang menggunakan kamera DSLR dan ada juga yang menggunakan kamera saku. Mereka berlomba mendapatkan hasil foto terbaik dari tema foto yang telah ditentukan oleh panitia dalam rentang waktu yang relatif singkat.
Berbeda dengan tahun-tahun sebelum­nya, ajang kompetisi Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 melombakan 3 tema foto, untuk sesi pertama peserta diharuskan untuk mengkreasikan foto dengan tema “Tempo Dulu”. Setelah itu, mereka melan­jutkan sesi kedua dengan tema “Medan Bersih” dan tema terakhir “Kuliner”. Meski harus terus bergerak dengan cepat untuk mencari sasaran foto terbaik, semangat para peserta Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 di Medan dalam mengikuti lomba ini tidak surut sedikit pun.
Setelah waktu yang ditentukan selesai, hasil foto para peserta dikumpulkan dan langsung dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari: Darius Manihuruk (Fotografer Profesional), Darwin Wu (Fotografer Profesional & Instruktur Fotografi), Peter Chandra (Fotografi & Pengamat Fotografi), Misbachul Munir (Fotografer Profesional), Denny Feblu (Fotografer & Pengamat Fotografi), dan Budianto Iskandar (Direktur PT. Datascrip).
Selain pengalaman lomba, para peserta pun mendapatkan ilmu foto yang berharga dari sesi seminar yang dibawakan oleh fotografer profesional, Ferry Ardianto. Para peserta terlihat antusias mengikuti jalannya seminar dari awal hingga akhir yang diisi dengan ilmu berharga seputar dunia fotografi. Tanya jawab di sesi ini berlangsung seru. Para peserta berlomba untuk mengajukan pertanyaan yang beragam ke pembicara.
Keceriaan acara semakin terasa dengan adanya permainan dan kuis berhadiah menarik yang terus dilempar ke para peserta sepanjang acara sehingga kelelahan aktivitas dari pagi hari tidak terasa membebani para peserta dan menjadikan suasana acara tetap meriah dari awal hingga akhir acara saat para finalis dan juara didaulat ke atas panggung untuk menerima langsung hadiah yang berhasil mereka menangkan di ajang bergengsi ini.
“Para peserta Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 Medan terlihat sangat antusias meskipun baru pertama kali acara ini diselenggarakan di sini. Dari hasil foto yang dihasilkan para peserta, terlihat bahwa secara umum kualitas dan kemampuan fotografi para pecinta foto di Medan sudah tergolong baik. Para juri harus bekerja keras untuk memilih pemenang dari begitu banyak foto bagus yang dilombakan,” ujar Merry Harun Direktur Divisi Canon, pt. Datascrip dengan bangga. (rel/put)

Close Ads X
Close Ads X