Ibu Sebagai Sutradara Dalam Keluarga

Sosialisasi Pembinaan Ibu dan Anak
Rantauprapat | Jurnal Asia
Peranan ibu sangat penting dan menentukan dalam membimbing serta menentukan masa depan anaknya. Oleh karena itu, ibu-ibu harus mampu sebagai sutradara yang baik dalam keluarga terutama untuk anak.  Demikian dikatakan Plt Sekdakab Labuhanbatu H Ali Usman Harahap SH saat membuka kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ibu dan Balita Kabupa­ten Labuhanbatu tahun 2014 yang dilaksanakan tim penggerak PKK Kabupaten, di Pendopo Rantauprapat, Selasa (14/10).
Ali Usman mengatakan, dalam pembinaan anak, orangtua harus mengedepankan tidak kalah dan tidak menang. Artinya rasa toleransi timbal balik antara orangtua dan anak sangat dibutuhkan dalam membimbing anak, karena pendidikan pertama dan utama pada anak adalah di dalam keluarga.
“Dalam kaitan itu, kepada ibu-ibu yang masih mempunyai balita dan ibu-ibu kader PKK, tolong diperhatikan dan disimak apa yang akan disampai­kan para dokter sebagai narasumber, sehingga kita semakin memahami peran kita baik membimbing dan memotivasi serta membina anak-anak kita kearah yang lebih baik dan menjadi anak yang sehat, cerdas dan kreatif,” kata Ali Usman mengingatkan para peserta sosialisasi.
Sosialisasi pembinaan ibu dan balita yang dihadiri ratusan pese­rta dari kaum ibu-ibu itu bertem­a­kan, “Sosialisasi untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan angka bayi lahir mati dalam percepatan target yang diinginkan dan membiasakan memberi ASI untuk bayi sampai usia 2 tahun” tersebut menghadirkan tiga orang narasumber, yaitu dr Iman Helmi Effendi MKedOG SpOG(K) dari Medan dan dr Ainal SpOG serta dr Sri Damayana SpOG dari Kabupaten Labuhanbatu.
Pembukaan sosialisasi yang diha­diri Kadis Kesehatan Labuhanbatu, Ka­ban PMD/K dan Kabag Humas Infokom para camat itu, juga dihadiri para pengurus tim penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu, ibu-ibu Persit KCK Kodim dan pengurus Bhayangkari Polres Labuhanbatu, dimana para peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini berasal dari 9 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Labuhanbatu. (robet)

Close Ads X
Close Ads X