Jepang Akhirnya Buat Pesawat Komersial

Jakarta | Jurnal Aisa
Selama ini, industri pembuatan pesawat terbang komersial didominasi oleh perusahaan-perusahaan di benua Amerika dan Eropa. Namun setelah penantian lebih dari 50 tahun, Jepang akhirnya bisa membuat pesawat terbang komersial pertamanya.
Diiringi dengan tabuhan genderang dan paduan suara, Mitsubishi Aircraft diperkenalkan kepada publik. Mitsubishi menargetkan bisa menjual pesawat ini lebih dari 2.000 unit.
Seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/10), Mitsubishi Aircraft dikembangkan oleh anak usaha Mitsubishi Heavy Industries. Pesawat jet ini dibanderol seharga US$ 42 juta atau lebih dari Rp 500 miliar dan berkapasitas di bawah 100 penumpang.
“Ini adalah impian kami. Seluruh rakyat Jepang sudah lama menantinya,” kata Hideaki Omiya, Chairman Mitsubushi Heavy Industries.
Pengiriman pertama pesawat ini akan dilakukan pada Juni 2017. Pembelinya adalah ANA Holding Inc, yang juga perusahaan asal Jepang. Ternyata pesawat buatan Mitsubishi ini lumayan laku keras. Sejauh ini sudah ada 191 pemesan seperti maskapai asal AS, Trans States Holdings dan SkyWest Inc, serta maskapai dalam negeri, Japan Airlines Co Ltd.
Salah satu keunggulan pesawat ini adalah adalah hemat bakar bakar hingga 20% dibanding pesawat di kelasnya. “Kami sudah mengubah konsep di atas kertas menjadi kenyataan,” kata Nobuo Kishi, Chief Engineer Mitsubishi.
Kali terakhir Jepang mencoba membuat pesawat komersial adalah pada 1960-an. Kala itu, Negeri Sakura membuat pesawat turboprop YS-11. Namun hasilnya adalah kegagalan. Namun, sifat pantang menyerah orang Jepang memang sudah mendarah daging. Lebih dari 50 tahun mereka terus mencoba, dan hasilnya baru bisa dipetik tahun ini. (dc)

Close Ads X
Close Ads X