Neraca Perdagangan Sumut-AS Tetap Surplus

Medan | Jurnal Asia
Perdagangan luar negeri Sumatera Utara – Amerika Serikat masih surplus cukup besar yakni senilai 435,973 juta dolar AS hingga Agustus 2014.
”Ekspor Sumut ke AS sudah mencapai 619, 339 juta dolar AS, sementara impor hanya 183,367 juta dolar AS,” kata Sekretaris Eksekutif Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut, Sofyan Subang di Medan, Sabtu.
Dia menyebutkan, surplus yang masih cukup besar itu juga dipengaruhi turunnya impor Sumut dari AS.
Pada Januari-Agustus 2014, nilai impor hanya 183,367 juta dolar AS dari periode sama tahun lalu yang sudah 198,176 juta dolar AS.
Lebih besarnya ekspor Sumut dengan AS itu menunjukkan Peningkatan ekspor ke AS diperkirakan pengaruh semakin membaiknya perekonomian negara itu yang otomatis mulai memulihkan permintaan impor. Data menunjukkan ada peningkatan permintaan dari AS mulai karet , CPO hingga hasil laut khususnya udang.
Ada prediksi ekspor Sumut ke negara itu terus membaik karena perekonomian AS juga dilaporkan semakin bagus.
Naiknya ekspor ke AS membuat surplus neraca perdagangan Sumut-AS semakin besar atau 128,620 juta dolar AS.
Sekretaris Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut, Sofyan Subang menyebutkan di luar negara-negara di ASEAN yang menjadi negara tujuan ekspor terbesar Sumut, AS memang negara pemberi kontribusi besar dalam peraihan devisa Sumut.
Pada triwulan I 2014, misalnya, kontribusi AS sebesar 8,12 persen dari total devisa Sumut yang mencapai 2,387 miliar dolar AS. (ant)

Close Ads X
Close Ads X