Budidaya Lada Hitam

3564361_10072012341

black_pepper_16x9

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

DSCN5234

lada hitam
Lada Hitam ( Piper Ningrum ) merupakan jenis tanaman terna, berkayu, memanjat yang mempunyai tinggi hingga 15 meter.Kulit batang berwarna hijau tua, berakar pada buku-bukunya.Bunga berupa bulir yang menggantung.Buah buni, buah muda berwarna hijau, buah yang telah tua berwarna hitam. Tanaman ini menghendaki iklim yang panas dan curah hujan tinggi tanpa ada musim kemarau yang lama.Curah hujan rata-rata setahun tidak boleh kurang dari 2.300 mm dan rata-rata tiap bulan tidak kurang dari 100 mm.tinggi tempat tidak lebih dari 500 m dpl.
Tanaman dapat dibudidayakan de­ngan menggunakan biji atau turus, namun pada umumnya banyak menggu­nakan turus.Penggunaan turus sa­­ngat menguntungkan karena bibit turus dapat diambil terus menerus dari satu tanaman, tanaman tumbuh lebih baik dan cepat memberikan hasil.
Dalam beberapa hal biji juga dipergunakan, misalnya bila tidak cukup tersedia bahan turus, tetapi cara tersebut tidak dianjurkan.
Turus untuk bibit diambil dari tanaman lada yang berbuah banyak dan sehat.Dikenal tiga macam sulur pada tanaman lada yaitu sulur panjang, sulur gantung dan sulur tanah serta sulur pendek dan sulur bunga.
Untuk bibit digunakan sulur panjang. Sulur untuk turus jangan terlalu muda, tetapi sedikit mengayu, sehat dan mata di ketiak daun telah tampak menggembung.Panjang turus lebih kurang 40-75 cm dengan jumlah buku 10-14.
Penanaman turus dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, Menanam turus tanpa akar langsung di kebun dekat tiang sandaran. Kedua, menanam turus yang telah berakar dan bertunas, berasal dari turus biasa. Ketiga, menanam turus yang telah berakar dan bertunas, berasal dari turus beruas satu.
Penanaman turus dilakukan tidak lebih dari dua hari setelah turus dibuat. Sebaiknya turus ditanam pada hari pembuatan turus, tetapi jika tidak mungkin, turus harus disimpan ditempat yang teduh, sesekali disiram untuk mencegah turus menjadi kering.
Jumlah bibit untuk satu sandaran adalah dua.Lubang tanam dibuat beberapa hari sebelumnya, dengan ukuran 40 x 40 cm, dengan kedalaman 30 x 40 cm.jarak antara turus dan tiang sandaran 30 cm, turus diletakkan miring 60 derajat dalam lubang.
Manfaat
Khasiat dari lada hitam diantaranya bisa mencegah terjadinya kanker, masalah hati, dan penyakit kardiovaskuler. Sebuah studi menyatakan bahwa lada hitam berkhasiat meni­ngkatkan fungsi saluran pencernaan.
Diantaranya dapat meningkatkan cairan pencernaan yaitu asam klorida. Selain itu sifat zat antioksidan pada lada hitam juga berkhasiat dapat menekan pertumbuhan bakteri baik terutama di saluran usus.
Pada saat mengkonsumsi maka­nan dengan bumbu lada hitam, tentu ke­ringat anda bercucuran keluar sana-si­ni.
Nah secara tidak langsung proses ini bermanfaat untuk mengeluarkan ra­cun lewat keringat dan buang air kecil atau diuretik property. Lada hitam memiliki zat-zat yang berkhasiat dalam pencegahan diare, sembelit, nyeri kolik, dan gas usus.
Selain yang disebutkan di atas, lada hitam mengandung zat bernama piperin yang berguna sebagai anti-dperesi. Hal ini membuat tubuh memproduksi banyak endomorphins yang berguna melawan rasa sakit serta dapat meremajakan kesehatan mental.
Stimulasi sistem saraf pusat dan pen­ingkatan fungsi kognitif juga mencakup manfaat dari lada hitam.
(int)

Close Ads X
Close Ads X