CIMB Beli 10 Persen Saham Induk 7-Eleven

Jakarta | Jurnal Asia
CIMB Private Equity (CIMBPE) membeli 10 persen saham PT Modern Internasional Tbk (MDRN) senilai US$ 25 juta atau Rp300 miliar. Saham ini merupakan hasil penerbitan saham Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias private placement.
Aksi korporasi ini sudah memperoleh persetujuan pemegang saham Modern Internasional yang dilakukan pada bulan Juli 2014. Kerjasama ini memung­kinkan emiten berkode MDRN itu mengem­bangkan anak perusahaannya yaitu PT Modern Sevel Indonesia (MSI) yang merupakan pemegang master fran­chise 7-Eleven untuk Indonesia.
Saat ini MSI memiliki 175 outlet 7-Ele­ven yang semuanya telah dibu­ka di Jakarta dan keikutsertaan CIM­BPE ini adalah untuk bersama-sama mengembangkan jaringan outlet 7-Eleven di Indonesia.
“CIMB Group telah menjadi mitra jangka panjang bagi Perseroan di banyak bidang, terutama dalam mendukung Perseroan untuk mengembangkan bisnis 7-Eleven. Kemitraan ini telah meningkat ke tingkat yang lebih tinggi dengan CIMB menjadi salah satu pemegang saham minoritas terbesar, yang mencerminkan keyakinan yang kuat akan prospek 7-Eleven di Indonesia dan kemampuan perusahaan untuk memperluas serta mengembangkan bisnis,” kata Direktur Utama MSI, Henri Honoris, dalam siaran pers, Senin (20/10).
Kemitraan strategis ini akan lebih memperkuat hubungan bisnis antara 7-Eleven dan CIMB Group yang saling menguntungkan. PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) telah memperluas produk dan layanannya termasuk mesin ATM, EDC dan pembayaran mobile digital untuk bisnis 7-Eleven.
Saat ini, ada 150 mesin ATM CIMB dan 175 CIMB EDC yang dipasang di outlet-outlet 7-Eleven yang seluruhnya masih berlokasi di Jakarta.
Group Chief Financial Officer and Chief Executive Officer of Group Strategy and Strategic Investments CIMB Group, Kenny Kim, menyambut baik akuisisi ini karena mendukung bisnis jangka panjang Modern Internasional.
“Investasi ini memperkuat hubungan bisnis kami dan lebih jauh mempererat dukungan kami untuk bisnis Perseroan, yang merupakan bukti lain dari komitmen kami dalam menyediakan aset aktif melalui private equity untuk membantu mitra kami terus tumbuh,” kata Kim.
CIMB Private Equity adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh CIMB Group. CIMBPE mengelola lebih dari 6 miliar ringgit yang diinvestasikan dan penyertaan modal pada tanggal 31 Desember 2013.
Sementara Modern Internasional adalah pemegang master franchise untuk 7-Eleven di Indonesia. Outlet 7-Eleven per­ta­ma kali dibuka di Jakarta pada tang­gal 7 November 2009. Saat ini dengan total 175 outlet, 7-Eleven memberikan kontribusi le­bih dari 60 persen dari pendapatan Perse­roan.
(dtf)

Close Ads X
Close Ads X