Peradi Tanam 4.000 Pohon Mahoni

Tanam Pohon Mahoni
Lubuk Pakam | Jurnal Asia
Dalam rangka ‘Peradi Go Green’ Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokad Indonesia (DPC Peradi) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Deliserdang dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara menanam 4.000 batang bibit pohon mahoni di wilayah Desa Telaga Sari dan Desa Daluh X A Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang.
Acara yang bertemakan ‘satu tunas untuk masa depan bumi yang lebih baik’ tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis bibit tanaman Pohon Mahoni kepada Kepala Desa, Desa Telaga Sari dan Desa Daluh X A dan masyarakat oleh Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars, Ketua DPC Peradi Medan Charles JN Silalahi SH MH dan Sekretaris Hasrul Benny Harahap SH M.Hum, di halaman Kantor Desa Telaga Sari serta penanaman pohon Mahoni sepanjang Jalan menuju SMP Negeri 4 Tanjung Morawa, kemarin.
Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPC Peradi Medan yang telah berupaya menyelenggarakan kegiatan pe­nanaman tanaman penghijauan seba­nyak 4.000 bibit pohon Mahoni di Kecamatan ­Tan­jung Mo­rawa seraya mengatakan bahwasan­­­nya Pe­radi bukan saja mengurusi perkara masa­lah hukum, tetapi Peradi juga peduli mengurusi perkara masalah Lingkungan.
Lanjut Wa­bup mengatakan, bahwa pola pembangunan yang dilaksanakan telah dio­rientasikan kepa­da upaya pelestarian lingkungan hidup untuk mampu menunjang pembangunan secara timbal balik dengan memegang semboyan ‘membangun tanpa kerusakan’.
Program pembinaan dan pengembangan lingkungan hidup melalui gerakan penanaman pohon seperti ini telah dilaksanakan sejak dahulu, hasilnya cukup signifikan ini dibuktikan bahwasannya kita telah berhasil memperoleh penghargaan Internasional berupa Eno Gold Award dan sertifikat Grand City di Finlandia beberapa waktu yang lalu. Penghargaan lain yang diterima untuk tingkat Nasional diantaranya Penghargaan Raksaniyata dalam pelaksanaan program menuju Indonesia hijau disamping menerima penghargaan pemenang lomba penanaman satu milyar pohon (One Billion Indonesia Trees) untuk tingkat Sumatera Utara.
Sementara Ketua DPC Peradi Medan Char­les JN Silalahi SH MH mengatakan dengan melaksanakan penanaman pohon kita telah menjaga dan melestarikan lingkungan hi­dup serta penghijauan dalam mengurangi pencemaran lingkungan serta pemanasan iklim gelobal. Karena itu DPC Peradi Medan malakukan penanaman 4.000 pohon mahoni sebagai bentuk upaya untuk melestarikan lingkungan.
Hadir dalam acara tersebut para unsur TNI/Polri, Pengadilan Negeri, Kadis Kehutanan Ir Arli MSi, Kaban Bapedalda Ir Hartini Marpaung, Kabag Hukum Edwin Nasution SH, Camat Tanjung Morawa H Faisal Arif Nasution S.Sos. MSi bersama Muspika, para kepala desa se-Tanjung Morawa, tokoh agama/masyarakat.
(irwansyah)

Close Ads X
Close Ads X