Sumut Kondusif, Tetap Siaga I

Medan | Jurnal Asia
Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) memastikan wilayah Sumut, khususnya Kota Medan aman terkendali saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden berlangsung di Jakarta, Senin (20/10). Meski demikian, status siaga I tetap berlaku hingga dicabut oleh Mabes Polri.
Hal itu diketahui setelah Poldasu melakukan pe­ngecekan personel yang bertugas mengamankan pelantikan Presiden di Lapangan Merdeka Medan, Senin petang.
Kombes Pol Darto Juhartono yang ditunjuk Kapoldasu memimpin jalannya apel mengatakan, di Sumut khususnya Kota Medan berjalan dengan tertib.
“Di Sumut, khususnya kota Medan berjalan dengan tertib. Mudah-mudahan kondisi ini berjalan hingga seterusnya. Tidak hanya saat operasi mantab brata, tapi seterusnya aman,” ujarnya.
Dihadapan personel, Darto yang juga menjabat sebagai Direktur Sabhara Poldasu itu menyampaikan rasa terima kasih Kapolda kepada personel yang bertugas melakukan pengamanan.
“Pimpinan mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan sekalian. Semoga rekan-rekan sekalian bisa merasakan rasa kekeluargaan saat melaksanakan tugas,” ucapnya.
Dikatakan Darto, status siaga I yang sudah ditetapkan oleh Mabes Polri untuk Poldasu belum dicabut sampai batas waktu yang belum ditentukan menunggu keputusan dari Kapolri.
“Kita masih monitor terus. Pemberlakuan siaga I dari Mabes Polri masih terus berjalan seperti biasa. Besok, satgas mantab brata dan satgas gabungan masih melaksanakan apel di Poldasu, sambil menunggu siaga dari mabes Polri,” sebutnya.
Disebutkan Darto, semua personel yang melakukan pengamanan masih melaksanakan tugas seperti biasa, sambil melakukan monitoring di sejumlah titik.
“Personel masih menjalankan tugas pengamanan dan penjagaan, baik melaksanakan tugas preventif dan preentif mobiling oleh intelejen maupun Binmas,” tukasnya.
Sementara itu, Senin pagi Kapoldasu Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo didampingi Gubsu Gatot Pujo Nugroho, Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P Simanjuntak dan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, memantau situasi keamanan Bandara Internasional Kualanamu.
Kapoldasu mengatakan, kunjungannya bersama unsur FKPD lainnya bertujuan untuk memantau mengecek kesiapan pengamanan di titik-titik vital Sumut, antara lain akses kereta api dan Bandara Kualanamu, sebagai bagian dari pintu masuk Sumut.
“Keadaan dan situasi di Bandara aman, tidak ada yang mencurigakan. Selain itu, fasilitas yang telah dimiliki Bandara Kualanamu juga telah memenuhi standart keamanan. Untuk personil di lapangan, juga dalam keadaan siap,” ujarnya.
Dengan keadaan yang berjalan kondusif itu, Kapoldasu menjamin keamanan Sumut pasca pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI ke-7 itu. Eko mengatakan, dalam Operasi Mantap Brarta itu, Poldasu bersama unsur tekait menerapkan patroli skala besar dan kecil.
“Patroli skala kecil hanya melibatkan personil polisi saja. Sedangkan patroli skala besar bergabung dengan TNI,” pungkasnya. (mag-6)

Close Ads X
Close Ads X