Anfield Terancam

Jorge Mendes says he has stopped receiving calls about the availability of his client Cristiano Rona
Liverpool | Jurnal Asia
Liverpool yang terseok-seok di Liga Premier Inggris harus menghadapi Real Madrid yang sedang menggila di La Liga. Duel Liverpool dengan Real Madrid menjadi salah satu laga panas dalam matchday 3 Liga Champions pekan ini. The Reds mempunyai modal sejarah yang cukup baik setiap kali berjumpa dengan Los Merengues di ajang tersebut.
Liverpool akan menjamu El Real di Anfield dalam lanjutan Grup B, Kamis (23/10) dinihari WIB. Itu menjadi pertemuan kedua tim setelah 11 tahun lamanya. Madrid saat ini berstatus sebagai pemuncak klasemen dengan enam angka, unggul tiga poin dari Liverpool yang menduduki peringkat ketiga.
Menilik rekor pertemuan mereka, Liverpool mempunyai catatan yang baik. The Reds tak pernah kalah dari Madrid. Si Merah juga mempunyai catatan bagus atas tim-tim Spanyol. Selain itu, bomber Real Madrid Cristiano Ronaldo belum pernah mampu membobol gawang Liverpool di Anfield. Itu ketika pemain yang akrab disapa CR7 tersebut menjadi penggawa Manchester United.
Tapi, Liverpool tak bisa hanya bersandar kepada bekal tersebut. Sebab, torehan itu sudah terlalu lama untuk dijadikan patokan. Apalagi, Liverpool absen dari Liga Champions selama lima tahun.
Liverpool sejatinya memiliki sejarah bagus saat menghadapi Real Madrid. Pada musim 2008/09, Liverpool bisa menang 1-0 di Bernabeu dan 4-0 di Anfield.
Namun situasinya berbeda saat ini. Liverpool harus mengakui bermasalah dengan sektor belakang pertahanan mereka, sedangkan Real Madrid memiliki barisan penyerang mematikan yang siap memaksimalkan setiap kelengahan lini pertahanan Liverpool.
Secara statistik, Madrid juga tak terkalahkan dalam tiga kunjungan mereka ke Inggris, termasuk saat menundukkan Manchester United 2-1 di Old Trafford dua musim lalu.
Dalam komposisi tim, Liverpool tidak akan diperkuat Daniel Sturridge dan Mamadou Sakho, sedangkan Real Madrid bakal kehilangan Gareth Bale. Bagi Madrid kondisi ini tentu tidak mengkhawatirkan karena Carlo Ancelotti punya pemain pengganti yang juga memumpuni. Namun bagi Liverpool, tanpa kedua pemain tersebut bisa menjadi bencana.
Keadaan Liverpool saat ini sangat jauh berbeda dengan Madrid. Di La Liga, Los Blancos menang lima kali berturut-turut dengan mencetak total 25 gol dan hanya kebobolan empat gol. Ini sebuah rekor yang fantastis, menggambarkan Real Madrid sedang berada diperforma terbaiknya.
Di Liga Champions mereka juga belum terkalahkan dari dua pertandingan. Menang 2-1 di kandang Ludogorets dan membantai Basel 5-1 di Santiago Bernabeu. Dua kemenangan ini membuat mereka memuncaki klasemen sementara Grup B. Kapten Liverpool Steven Gerrard juga cemas menghadapi raksasa Spanyol tersebut, dia merasa timnya harus berbenah bila tidak mau jadi bulan-bulanan Real Madrid.
Liverpool mungkin cukup bangga memiliki kapten seperti Gerrard. Pengalamannya akan memberi kontribusi besar untuk rekan-rekannya yang kebanyakan pemain muda. Di usianya yang tidak lagi muda, dia bisa menumbuhkan mental juara pada rekannya di Liverpool dan menjadi pemimpin yang baik di lapangan.
Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, tentu sadar dengan potensi ancaman dari Cristiano Ronaldo yang mengisi lini penyerangan Madrid. Tapi Rodgers juga sadar bahwa pemain Los Merengues yang lain, seperti Luka Modric dan Toni Kroos, juga bisa menjadi potensi ancaman. Bersama Madrid di awal musim ini, Ronaldo tampil sangat bagus. Dia tampil tajam dengan sumbangan 19 gol dalam 12 pertandingan di semua ajang pada musim ini.
“Dia merupakan pemain yang menunjukkan grafik penampilan yang terus menanjak. Evolusinya dalam beberapa tahun terakhir, caranya dia menjadi seorang pencetak gol sungguh luar biasa,” kata Rodgers.
“Kami harus tahu bagaimana cara untuk menghentikannya, tapi ada ancaman bahaya lainnya di sisi lain lapangan. Anda mempunyai Luka Modric dan Toni Kroos, pemain dengan teknik luar biasa yang bisa memainkan bola pendek dan bola panjang. Saat ada ruang terbuka, tidak ada yang lebih baik dalam hal serangan balik dibandingkan Ronaldo dan Bale.
The Reds sendiri diketahui telah menjalani persiapan khusus untuk melakoni laga dinihari nanti. Kesalahan yang terjadi saat melawan Queens Park Rangers di Liga Premier akhir pekan lalu, layaknya sebuah tamparan yang bagus jelang menghadapi Real Madrid.
“Kami akan mengambil hal-hal positif dari laga tersebut dan kami akan memperbaiki yang negatif di latihan jelang laga besar. Tidak masalah apakah Real Madrid atau siapapun yang datang setelahnya, kami perlu meningkat di semua area setelah laga kemarin,” kata pemain Liverpool, Jordan Henderson.
Persiapan matang memang harus dilakukan Liverpool. Namun, melihat daya gempur pasukan Ancelotti, mereka sepertinya akan berhasil mencuri tiga poin di Anfiled. (adp-dc-goal-ss)

Close Ads X
Close Ads X