Daya Saing Logistik RI Tertinggal

Jakarta | Jurnal Asia
Daya saing logistik Indonesia kalah dengan Singapura dan Malaysia, bahkan dari Vietnam sekalipun. Penyebabnya adalah buruknya infrastruktur.
Staf Ahli Bidang Logistik dan Multimoda Kementerian Perhubungan, Sugihardjo, mengatakan peringkat daya saing Indonesia ada di angka 59. “Logistik performance kita ada di posisi 59 dari 155 negara. Sebenarnya dulu, kita ada di peringkat 27, turun jadi 29, dan sekarang 59. Dengan ASEAN, kita tertinggal,” kata Sugihardjo di Jakarta, Selasa (21/10).
Sugihardjo mengatakan, Indonesia kalah jauh dengan Singapura dan Malaysia, bahkan dengan Thailand dan Vietnam sekalipun. “Dengan negara ASEAN, kita tertinggal. Kita melihat tidak efisiennya biaya. Indonesia peringkat 59, Singapura peringkat 1, Malaysia peringkat 29, Thailand peringkat 38, dan Vietnam peringkat 53,” kata dia.
Sementara itu, Wakil Ketua Kadin Bidang Logistik, Carmelita Hartoto, mengatakan bahwa kondisi ini disebabkan oleh buruknya infrastruktur, alat angkutan, dan buruknya regulasi.
Menurut dia, kondisi ini bisa membuat pelaku usaha lokal tidak bisa berkembang dan tak siap menghadapi pasar bebas ASEAN. “Kondisi ini memunculkan kekhawatiran pemain logistik nasional jadi penonton,” kata dia. (vv)

Close Ads X
Close Ads X