Pemuda Harus Memiliki Kemampuan Inovasi dan Kreativitas Tinggi

Upacara
Lubuk Pakam | Jurnal Asia
Menteri Pemuda dan Olahraga mengatakan bahwa Pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya dan memiliki kompetensi, sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global.
Pemuda yang maju adalah pemuda yang mampu berpikir positif, yang senantiasa terus berorientasi pada kejayaan bangsanya demi keunggulan dan kegemilangan masa depan, tidak mudah menyerah, bertanggungjawab dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakatnya dan untuk bangsanya.
Demikian dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga dalam kata sambutannya dibacakan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 Tahun 2014 tingkat Kabupaten Deliserdang di Alun-alun Lubukpakam, Selasa (28/10).
Upacara berlangsung khidmad bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, Danup Hari Swandana Purba, pembaca UUD 1945 Chairanisyam, pembaca Keputusan Kongres Pemuda tahun 1928 Jumat Ashari.
Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bertemakan Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan dihadiri Wabup H Zainuddin Mars, anggota DPRD, Unsur Muspida, Sekdakab Drs H Asrin Naim, Ketua TP PKK Yunita Ashari, Wakil Ketua TP PKK Hj Asdiana Zanuddin, Ketua Dharmawanita Persatuan Hj Titik Asrin Naim, Ketua KNPI Deliserdang Chairullah Siregar S.Pd, Ketua KCK/Bhayangkari, para asisten, pimpinan SKPD, LVRI dan pimpinan OKP serta diikuti barisan TNI, PNS, OKP, mahasiswa, siswa SMA, SMP dan Pramuka.
Ashari mengatakan, semangat para pemuda 86 tahun lalu harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia untuk bangsa dan tanah air tercinta. Keberhasilan generasi terdahulu menyatukan hati dan pikiran bangsa Indonesia harus diteruskan oleh para pemuda dengan menyakinkan harapan akan masa depan bangsa yang cemerlang.
“Saya yakin, para pemuda Indonesia akan terus memegang teguh komitmennya untuk selalu menjaga keutuhan bangsa dan Negara, yang di dalam dirinya selalu terpatri jiwa dan semangat nilai-nilai Pancasila, Pemuda yang akan selalu mempertahankan tanah air, bangsa dan negara dan selalu menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia,” ujar Ashari.
Karenanya seiring dengan itu, pada tahun 2015, Indonesia akan memasuki era Komunitas ASEAN. Untuk itu para pemuda harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Kita adalah bangsa yang besar yang memiliki sumber daya alam berlimpah, memiliki sejarah leluhur bangsa yang hebat, kebudayaan yang unggul, masyarakat yang toleran, dan sumber daya manusia yang semakin lama semakin baik. Mentalitas bangsa, khususnya para pemuda harus terus dibangun agar menjadi pemuda-pemuda yang unggul, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing sehingga dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin hari semakin kompetitif. (irwansyah)

Close Ads X
Close Ads X