Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 | 10 Tokoh Pemuda Langkat Peroleh Penghargaan

Tokoh Pemuda
Langkat | Jurnal Asia
Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH memberikan penghargaan kepada 10 tokoh pemuda di Kabupaten Langkat pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun 2014 yang dipusatkan di Lapangan Alun-alun T Amir Hamzah Stabat, Kabupaten Langkat, Selasa (28/10). Kesepuluh tokoh pemuda yakni Drs Syahrial MZ (pemersatu pemuda), H Imam Fauzi Hasibuan (pemerhati budaya), Drs Juliadi MM (penggerak pembangunan ekonomi kewirausahaan), Edi Syahputra MA (penggiat pendidikan berbasis keagamaan), Sukarni SE (penggiat informasi tekhnologi), Susi Herlina (tokoh pendidikan wanita), Zulkifli Lubis (penggerak pertanian), Pujianto SE (penggerak perkebunan tebu rakyat), Drs Agus Triwindu Jaya (pemerhati kepemudaan berbasis keagamaan) dan Azhar Kasim (penggiat lingkungan pasir).
Selanjutnya disampaikan juga pemenang program pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Langkat kepada Maulana Akbar S, Aswad Sajali dan Hidayat Syahputra serta Juli Astuti.
Upacara berjalan khidmat, bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Langkat Ngogesa Sitepu SH dan selaku Perwira Upacara Plt Ketua KNPI Kabupaten Langkat H Amril Ssos MAP, dan Pemimpin Upacara Sekretaris Cabang PPM Langkat M Nawawi S.STP.
Bupati Langkat dalam amanatnya membacakan pidato tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nachrawi mengatakan, bahwa setiap kali kita memperingati hari Sumpah Pemuda, yang terbayangkan oleh kita adalah heroisme tanpa kenal lelah dari para pemuda untuk mendeklarasikan gagasan perjuangan dan mewujudkan ide cemerlangnya tentang Negara Indonesia beserta tekad bulat nyata untuk mewujudkan satu bangsa, satu tanah air, dan menjunjung bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia.
Di tambahkan, bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun 2014 ini mengangkat tema “Bangun Solidaritas Pemuda Maju dan Berkelanjutan”. Tema tersebut membawa pesan bahwa kita berupaya agar para pemuda dapat memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan Nasional yang sangat penting untuk mencapai kemajuan pemuda sebagai sayarat utama kemajuan bangsa.
Seiring dengan itu, pada tahun 2015 kita akan memasuki era komunitas Asean. Untuk itu, para pemuda harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain, kita adalah bangsa yang besar yang memiliki sumber alam berlimpah, mentalitas bangsa khususnya para pemuda harus terus dibangun agar menjadi pemuda yang unggul, berkarakter berkapasitas dan berdaya saing sehingga dapat berkompentisi dalam persaingan global.
Upacara dihadiri Ketua DPRD sementara Kabupaten Langkat Terbit Rencana Perangin-angin, Wakil Bupati Langkat Drs H Sulistianto MSi, unsur Muspida Plus, Sekda dr H Indra Salahuddin M.Kes MM, seluruh SKPD dijajaran Pemkab Langkat, Ketua TP. PKK Langkat, Tuan Guru Babussalam, dan peserta upacara dari unsur TNI/Polri, jajaran PNS, Organisasi Kepemudaan, Linmas, pramuka, pelajar dan OKP serta undangan lainnya.
Revolusi Mental
Sementara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan bola SMP Negeri 1, berlangsung khidmat. Kapolsek Bahorok, AKP Darnes Habeahan bertindak sebagai inspektur upacara.
Dihadapan dinas/jawatan, kepala sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, Darnes mengatakan, Sumber Daaya Alam (SDA) bangsa cukup melimpah, perpaduan SDA dengan Sumber Daya Manusia (SDM) diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan.
Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing salahsatu ciri pemuda, kesadaran merupakan kunci awal pemberdayaan inovasi sesuai UU Nomor 40 tahun 2009 tentang pemuda, ujarnya.
(arfan lubis/menanti)

Close Ads X
Close Ads X