Bisnis Logisitik Indonesia Terus Tumbuh

Jakarta | Jurnal Asia
Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia, Suryo Sulisto, mengatakan, bisnis logistik di Tanah Air menunjukkan angka pertumbuhan dari tahun ke tahun.
“Sistem logistik Indonesia disebut-sebut bermasalah tetapi terus tumbuh, bahkan pertumbuhannya lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional,” kata dia, dalam pameran Indonesia Transport Supply Chain and Logistics, di Jakarta, Rabu. Pertumbuhan ekonomi Indonesia belakangan ini di kisaran 5-5,5 persen.
Ia mengatakan, dua kondisi bertolak belakang itu justru memunculkan banyak pertanyaan ketika dikatakan sistem logistik Indonesia “sakit parah” namun bisnis logistik terus bertumbuh.
“Logikanya, bila logistik Indonesia bisa dibangun lebih efisien, maka pertumbuhan bisnis ini bisa lebih tinggi lagi,” katanya.
Ia mengatakan, sejak beberapa tahun teakhir logistik dan transportasi Indonesia selalu menjadi sorotan dunia terkait efisiensi dan efektifitas, yang menyebabkan tingginya biaya logistik sehingga berpengaruh terhadap persepsi dunia untuk berinvestasi di Indonesia.
Kadin mencatat, biaya logistik nasional mencapai 24,6 persen terhadap Produk Domestik Bruto, dan dua per tiganya berasal dari biaya transportasi.
“Biaya logistik sebesar itu sangat memprihatinkan di tengah derasnya integrasi perekonomian global dan persaingan yang menuntut efisiensi dalam bisnis,” katanya.
Oleh karena itu, lanjutnya, fokus bisnis logistik Indonesia ke depan menjaga pertumbuhan bisnis logistik, peta jalan logistik nasional, dan mendorong efisiensi pengiriman.
Indonesia telah mempunyai solusi memperbaiki sistem logistik nasional, yakni cetak biru sistem pembangunan logisitik yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 26/2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional.
“Sayangnya sistem logistik nasional atau sislognas yang telah dirancang dengan baik itu belum mampu dieksekusi. Kini, dengan adanya pemerintahan baru, diharapakan dokumen sislognas tersebut dapat dijalankan dengan baik,” kata dia.
(ant)

Close Ads X
Close Ads X