Kemperin Dukung Pengembangan Design Nasional

Jakarta | Jurnal Asia
Kementerian Perindustrian (Kemperin) siap mendukung pengembangan design nasional sebagai upaya meningkatkan kinerja ekspor, demikian disampaikan Menteri Perindustrian, Saleh Husin, di Gedung Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia, di Jakarta.
“Kami hadir di sini intinya siap mendukung berbagai hal yang dapat meningkatkan ekspor Indonesia, termasuk dalam rangka pengembangan rancangan nasional,” ujar Husin saat bertemu dengan Menteri Perdagangan, Rahmat Gobel, dan Menteri Koperasi, AAGN Puspayoga, di Jakarta, Rabu.
Dalam pertemuan bersama beberapa asosiasi yang digagas menteri perdagangan itu, Husin menegaskan Kementerian Perindustrian siap melakukan berbagai hal untuk peningkatan ekspor komoditas itu, yang akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.
“Kami siap mendukung, apapun bisa kami lakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, tanpa harus berbelit birokrasi,” kata dia.
Sementara itu, menteri perdagangan mengatakan, setiap kenaikan ekspor sebesar 1 miliar dollar Amerika Serikat akan memberikan 400.000 lapangan kerja untuk satu jenis usaha saja.
Dia berharap perancang industri nasional dapat berkumpul untuk meningkatkan keahlian dan merangcang perencanaan kedepan guna meningkatkan kinerja ekspor itu.
Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan menargetkan peningkatan ekspor 300 persen atau tiga kali lipat dari tahun ini yang sebesar 184,3 miliar dolar Amerika Serikat.
“Mulai tahun depan, dalam waktu lima tahun akan bisa naik tiga kali lipat,” kata dia. (ant)

Close Ads X
Close Ads X