Kompetisi Inklusi Keuangan Digelar

Jakarta | Jurnal Asia
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan Kompetisi Inklusi Keuangan (Koinku) untuk melibatkan peran serta seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam berpartisipasi membangun dan mengembangkan inklusi keuangan di Indonesia.
Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan Kusumaningtuti S Soetiono mengatakan, akses masyarakat terhadap lembaga keuangan menjadi salah satu kunci berfungsinya sistem keuangan secara optimal dan jika masyarakat dapat memanfaatkan jasa keuangan dengan mudah, maka akan mendorong peningkatan perputaran modal.
“Dengan begitu, lembaga keuangan dapat melaksanakan pemerataan modal di dalam masyarakat, yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pada kenyataannya, saat ini Indonesia masih berada pada tahap inklusi keuangan yang belum mapan,” ujar Kusumaningtuti dalam pernyataan resmi di Jakarta, Rabu (23/10).
Kompetisi Inklusi Keuangan sendiri dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu kategori akademisi, kategori umum yang memiliki ide model bisnis inklusi keuangan yang kreatif dan inovatif serta penghargaan kepada Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang telah menerapkan model bisnis inklusi keuangan.
Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sri Rahayu Widodo, menyampaikan bahwa penyelenggaraan kompetisi ini bertujuan untuk mendorong adanya inovasi ide model bisnis akses keuangan yang bermanfaat bagi tumbuh kembangnya sektor jasa keuangan serta memberikan manfaat bagi peningkatan taraf hidup konsumen dan atau masyarakat.
Selain itu, kompetisi tersebut juga diharapkan mendapatkan model bisnis sektor akses keuangan baru yang dapat menjadi barometer model bisnis akses keuangan yang dapat diimplementasikan di sektor jasa keuangan baik sektor perbankan, industri keuangan non bank, dan pasar modal.
Terakhir, kompetisi diharapkan memberikan penghargaan bagi PUJK yang telah melakukan inovasi model bisnis akses keuangan yang berdampak positif bagi perusahaannya, konsumen dan atau masyarakat sebagai pengguna dan juga mendorong adanya rekomendasi gagasan inovatif dan solutif dalam rangka meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat.
Enam Finalis dari kategori Akademisi dan Umum akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan karyanya dihadapan Dewan Juri dengan biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selanjutnya pemenang KOINKU akan memperoleh penghargaan dan hadiah dari Otoritas Jasa Keuangan. (ant)

Close Ads X
Close Ads X