2.000 Orang Cap Tangan Komitmen Tidak Merokok

Cap Tangan
Pegajahan | Jurnal Asia
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) tahun 2014 memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 atau yang disebut sebagai Ulang Tahun Emas dengan mengangkat tema “Sehat Bangsaku, Sehat Negeriku”.
Melalui peringatan ini sebagai momentum imbauan agar masyarakat berkomitmen untuk tidak merokok. Pelaksanaan komitmen tidak merokok ditandai cap tangan diatas spanduk putih sepanjang 15 meter.
Peringatan ini dirangkaikan dengan senam sehat yang melibatkan sekitar 2.000 orang dalam upaya memecahkan rekor MURI tersebut dilaksanakan di halaman kompleks Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Minggu pagi (16/11).
Turut hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman, Sekdakab Drs H Haris Fadillah MSi, Ketua TP PKK Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Sri S Syahrianto, Ketua DWP Hj Imas Haris Fadillah, para SKPD, Camat se-Sergai, Muspika Kecamatan Perbaungan, tokoh masyarakat, Ormas, tenaga kesehatan dan para pelajar.
Bupati Sergai Soekirman dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, peringatan HKN ke-50 ini merupakan salahsatu bentuk upaya nyata dalam rangka mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan serta berperilaku hidup sehat.
Hal ini dikarenakan adanya perubahan pola hidup masyarakat, perubahan cuaca dan lingkungan serta transisi epidemiologi yang kerap menjadi persoalan tersendiri dalam perkembangan masalah kesehatan di kabupaten ini, ungkap bupati.
Soekirman berharap melalui peringatan HKN ke-50 ini menjadi momen berperilaku sehat dengan tidak merokok dan melakukan aktivitas berolahraga sebagai kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengakhiri sambutannya, Bupati Soekirman berpesan kepada seluruh masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran bahwa menjaga diri tetap sehat adalah jauh lebih baik daripada mencari pengobatan saat keadaan penyakit sudah berkembang.
Soekirman juga mengajak masyarakat Sergai agar me­ngedepankan semangat preventif dan promotif dalam mewujudkan bangsa yang sehat, karena hidup sehat adalah pilihan.
Sebelumnya, Kadis Kesehatan drg Zaniyar M.AP melaporkan, kegiatan dalam rangka upaya pencapaian Rekor MURI ini bertujuan agar masyarakat terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini dimeriahkan dengan pembagian lucky draw. (ali amran)

Close Ads X
Close Ads X