Berbekal Kemanunggalan TNI-Masyarakat | Kodim 0201/BS Medan Empat Kali Peroleh Rekor MURI

111
Medan| Jurnal Asia
Tidak hanya bertumpu pada sinergisitas dengan segenap unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan. Sumbangsih segenap komponen masyarakat, juga selama ini telah memberi andil cukup berarti bagi terpeliharanya kondusifitas di kota Medan. “Kemanunggalan TNI-Mas­ya­ra­kat dari hari ke hari terus menga­lami perkembangan cukup sig­n­ifi­kan,”penjelasan itu dikemukakan Ko­mandan Komando Distrik Militer (Dan­dim) 0201/BS Medan Letkol.Kav.Se­tiawan Arismunandar, S.I.P saat d­itemui Jurnal Asia di ruang kerjanya, Senin sore (17/11).
Tak jarang dari penyelenggaraan berbagai kegiatan, ditandai si­nergisitas dengan FKPD lainnya yang bersama-sama segenap komponen masyarakat. Fenomena yang konstruktif tersebut, tentunya akan sangat berharga untuk mendorong percepatan pembangunan di kota Medan.
“Persoalan di Medan sebenarnya cukup kompleks. Hanya saja typikal warga Medan yang lebih dinamis, sehingga memungkinkan pada pencapaian yang lebih konstruktif,” ungkap Dandim yang sebelumnya menjabat Danyonkav 6/Serbu.
Kondusifitas pada pelaksanaan Pilpres maupun Pileg 2014 beberapa waktu lalu, memperlihatkan komitmen warga kota Medan lebih mengutamakan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Komitmen memelihara semangat persatuan dan kesatuan itu, menurut Dandim ke depan perlu lebih ditingkatkan lagi.
Dandim juga menyampaikan apre­siasi setinggi-tingginya atas sum­­bangsih segenap komponen mas­yarakat kota Medan yang telah me­miliki ko­mitmen menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. Berbekal dukungan dari segenap komponen masyarakat, sejak Oktober 2012 silam sudah empat piagam penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), pernah diraih Kodim 0201/BS.
Semasa Letkol.Kav.Setiawan Aris Munandar S.I.P menjabat Dandim 0201/BS sejak 6 Maret 2014 lalu, kini sudah dua raihan piagam penghargaan MURI, masing-masing piagam penghargaan MURI No.6710/R.MURI/XI/2014 pada 8 November 2014 lalu yang dianugerahkan oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Panitia Perayaan 45 Tahun Pengabdian Bhikkhu Jinadhammo Mahathera atas rekor Bhikku Tradisi Theravada dengan masa pengabdian Buddha Damma terlama, dan piagam penghargaan MURI No.6537/R.MURI/I/2014 pada 22 Juni 2014 lalu yang dianugerahkan oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana atas rekor replika piala terbesar.
Selain meraih dua rekor MURI, Dan­dim 0201/BS Medan Letkol.Kav.Setiawan Aris Munandar S.I.P juga pernah meraih penghargaan sebagai pelaksana terbaik RHL Konservasi tahun 2013 semasa Menteri Kehutanan Dr.Zulkifli Hasan SE,MM. Penghargaan tersebut terkait, program penghijauan mangrove seluas 450 hektare yang berlokasi di Hamparan Perak.
Kerja nyata Kodim 0201/BS, juga ber­sentuhan dengan berbagai program yang bermanfaat bagi mas­yarakat. Diantaranya dengan penga­daan pengobatan gratis, sunatan mas­sal, pemberian kacamata bagi anak sekolah, fun bike, pembuatan 10.000 lubang biofori,dan ragam ke­giatan sosial lainnya.
Melalui rangkaian kegiatan Serbu Teri­torial, Kodim 0201/BS juga aktif me­lancarkan sosialisasi tiga produk hemat energi.
“Tiga produk hemat energi yang dipra­karsai Kodim 02-1/BS Medan ini, dian­taranya Lampu Energi Tentara Rak­yat (Lentera), Kompor Babinsa Rak­­yat (Kobara), dan Motor Gas Tentara Rakyat (Mogastra),” ungkap Dan­dim.
Jangan Rusak
Biarkan kondusifitas tetap terpeli­hara di kota Medan. Jangan ada pi­hak-pihak yang coba merusak kondusifitas kota Medan.
“Terhadap aktifitas yang dapat meresahkan masyarakat di kota Medan, Kodim 0201/BS senantiasa berada di garda terdepan turut bersama-sama Polresta Medan dalam menjaga suasana keamanan maupun ketertiban masyarakat,” ungkap Dandim.
Saat ini Kodim 0201/BS telah mem­­persiapkan lebih dari 200 unit sepeda motor patroli. Kebera­daan se­pedamotor pat­­roli itu, dijelaskannya ju­ga se­bagai menyikapi keberadaan geng mo­tor yang terkadang kerap me­resahkan mas­yarakat. Sewaktu-waktu diperlukan, jajaran Kodim 0201/BS senantiasa standby 1×24 jam ber­kordinasi dengan Polresta Medan untuk menengarai persoa­lan krusial tersebut.
“Dari 16 Koramil yang dibawahi Ko­dim 0201/BS, 11 koramil berada di k­ota Medan, dan 5 koramil berada di Kabupaten Deli Ser­­dang. Se­cara ke­se­luruhan terdapat 500 personil se-jajaran Kodim 0201/BS Medan,” je­las Dandim.
(mag-08)

Close Ads X
Close Ads X