Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Olimpiade Buddhis VII Walubi

utama
Medan | Jurnal Asia
Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kota Medan menggelar olimpiade Buddhis ke VII di Universitas Sutomo Jalan Sutomo Ujung Medan, Minggu (23/11). Olimpiade ini diikuti ratusan pelajar SD hingga SMA serta sekolah Buddhis di Kota Medan. Ketua Walubi Kota Medan, Pdt Earlnus Chen mengatakan, setiap tahunnya peserta olimpiade Buddhis terus ber­tambah.
Kesuksesan acara ini berkat dana dan bantuan dari Pemerintahan Kota (Pemko) Medan serta dari keikhlasan dan pengabdian pengurus Walubi Kota Medan dan segenap panitia pelaksana acara ini.
“Olimpiade Buddhis ini merupakan program rutin tahunan Walubi Medan dengan dana dari Pemko Medan, sehingga acara ini terselenggara sesuai dengan harapan,” katanya didampingi Ketua panitia, Solihin Chandra.
Earlnus menambahkan, maksud dan tujuan dari diselenggarakan Olimpiade Buddhis 2014 ini di antaranya, peningka­tan kualitas dan pengetahuan tentang agama Buddha pada generasi muda Buddhis di Kota Medan khususnya dan di Indonesia pada umumnya.
Kemudian, untuk menggali dan mem­bina dan mengembangkan potensi ge­nerasi muda Buddhis sehingga lebih bermakna dan berdaya guna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
“Walubi juga ingin mendorong pe­ran serta masyarakat untuk memberi perhatian terhadap generasi Buddhis di Kota Medan dan sekitarnya. Selain itu, olim­piade Buddhis ingin memperkenal­k­an pe­ma­haman serta mengajak umat Bud­dha dalam mengaplikasikan ajaran agama Buddha di dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.
Sekretaris Walubi Kota Medan, Sutjipto, S.T menambahkan, olimpiade Buddhis 2014 diikuti 518 peserta dari berbagai sekolah di Medan dan sekitarnya.
“Pada olimpiade ini terdapat lima ka­tegori yang diperlombakan yakni pem­bacaan puisi dhamma, cermat dham­ma, mewarnai, lagu Buddhis, mel­ukis sketsa, dan ceramah dhamma,” tandasnya. Hadir dalam olimpiade Bud­dhis tersebut, anggota DPRD Medan, Drs Wong Chun Sen Tarigan, Penyeleng­­gara Bi­­mas Kota Medan, Rama Burhan S.Ag,M.Si, Ketua Walubi Medan, Earlnus Chen, Sekretaris Walubi Kota Medan, Sutjipto, S.T serta Sekretaris plimpiade Buddhis, Elly. Kegiatan ini didukung seluruh pengurus Walubi Kota Medan.
(netty)

Close Ads X
Close Ads X