Guru Jangan Kaku Mengajar!

Andri____Hari Guru (2)
Binjai | Jurnal Asia
Peringatan hari guru di Sumatera Utara dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Selasa (25/11). Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi menyampaikan apresiasinya kepada seluruh guru atas dedikasinya yang cukup besar mengemban tugas mulia dengan sepenuh hati dalam memajukan pendidikan di Provinsi Sumatera Utara. “Kecintaan kita kepada tanah air adalah melalui karya bakti melalui profesi seperti yang diamanahkan Menteri pendidikan bahwa wajah masa depan Indonesia yang sedang dan akan kita titipkan kepada anak-anak peserta didik,” ujar Gubsu.
Gubsu mengingatkan,guru dalam menjalankan profesinya juga diharapkan tidak kaku dalam proses belajar mengajar.
“Bagaimana ruang kelas hendaknya tidak hanya ruang yang kaku dan beku yang hanya transfer pengetahuan saja tetapi hendaknya diawal dan diakhkir dengan menyampaikan pesan-pesan moral, keteladanan dan kesuksesan dari orang-orang yang mampu mengispirasi­kan pe­serta dan anak didik,” harapnya.
Sehingga, dengan cara seperti itu, anak-anak adalah memang masa depan depan bangsa dan negara dan itu adalah peran terbesar dari para guru.
“Atas nama pemerintah dan masyara­kat kami ucapkan atas dedikasi yang cukup besar dari para guru. Degan begitu masa depan wajah Indonesia di ruang-ruang kelas sedang menatap Indonesia ke masa depan,” katanya.
Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi, juga mengucapkan apresiasinya kepada para guru yang telah memajukan dunia pendidikan.
Menurutnya, guru bisa membuktikan pe­rannya sabagai insan pengantar pemuda ke masa depan sekaligus mampu men­jadikan pendidikan sebagai jembatan semangat keberadaban bangsa dan negara yang lebih baik lagi.
Peringatan hari guru nasional yang digelar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumut ini juga ditandai dengan pagelaran tari keberagaman etnis di Sumut.
Pada kesempatan itu Gubsu dan Wa­likota Binjai menandatangani prasasti gedung PGRI Kota Binjai dan diakhir acara juga menyerahkan piala dan penghargaan kepada para guru atas dedikasinya memajukan dunia pendidikan.
Hadir dalam acara itu, Walikota kota Binjai HM Idaham SH MSi, wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan, Ketua PB PGRI Drs H Muhammad Asmin Mpd, Ketua PGRI Sumut Hj Amnah Yustini MHum, Kakanwil kementrian Agama Sumut Drs H Tohar Bayo Angin, Direktur USAID Prioritas Agus Marwan dan seluruh pengurus PGRI se-Provinsi Sumut. (andri)

Close Ads X
Close Ads X