Integrasikan Layanan Depo Petikemas, Pelindo I MoU Dengan PT KIM

Medan. | Jurnal Asia
PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan PT Kawasan Industri Medan
KIM) ( Persero) tentang kerjasama pembangunan dan pengoperasian depo petikemas di Area Kawasan Industri Medan Jalan Pulau Nias Selatan Ujung KIM Tahap II Saentis Percut Sei Tuan Deli Serdang, Rabu (26/11).
Kerjasama ini merupakan wujud kesinergian sesama BUMN yang bertujuan untuk mengintegrasikan pelayanan depo petikemas.
Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana dan Direktur Utama PT Kawasan Industri Medan (PT KIM), R Achmad Budiono, di areal proyek PT KIM tahap II.
MoU ini bertujuan menjadi pedoman untuk mempersiapkan segala sesuatu berkaitan rencana pelaksanaan perjanjian kerja sama yang akan dilakukan oleh kedua pihak dan bertujuan untuk membangun kemitraan dan sinergi BUMN dengan prinsip saling menguntungkan, di mana kedua pihak akan melakukan pengintregrasian depo petikemas di area Kawasan Industri Medan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.
Dalam sambutannya, Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana menyampaikan, ruang lingkup Nota Kesepahaman yang ditandatangan ini meliputi pembentukan tim bersama yang akan melakukan inventarisasi terhadap berbagai potensi yang dimiliki, khususnya pembangunan dan pengoperasian depo petikemas di Kawasan Industri Medan dan melakukan kajian-kajian dalam pembangunan untuk lapangan penumpukan dan peralatan, SDM serta sistem operasional yang meliputi aspek finansial, teknis, komersial, legalitas serta aspek lainnya berkaitan dengan rencana kerjasama dimaksud.
“Nota kesepahaman tersebut mencakup pembentukan tim yang solid untuk bekerjasama membangun dan mengoperasikan depo petikemas di Kawasan Industri Medan,” katanya
Ditambahkan Bambang, pihaknya menargetkan dapat menyelesaikan kajian dalam waktu tiga bulan dan menyusun action plan menyongsong terwujudnya kerjasama tersebut serta membuat rencana membentuk skema kerjasama yang akan dilaksanakan.
Sedangkan, Direktur Utama PT KIM (Persero), R Achmadi Budiono menyampaikan kegembiraannya dapat bekerjasama dengan Pelindo I dan berharap kedepannya kerjasama yang baik ini terus dapat dilanjutkan, dan terlaksana dengan baik.
“Saya mendukung dan menyambut baik atas kerjasama pembangunan depo peti kemas. Diharapkan kesepakatan kerjasama ini bisa segera terlaksana,” ucap, R Achmad Budiono.
Penandatanganan MoU antara Dirut Pelindo I Bambang Eka Cahyana dan Dirut PT KIM, R Achmad Budiono, yang dilakukan di areal lahan KIM tahap II Jalan Pulau Nias Ujung Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deliserdang, itu turut dihadiri para pengusaha pengguna jasa, jajaran direksi Pelindo I Medan dan direksi PT KIM (Persero). (Syahri)

Close Ads X
Close Ads X