Teknologi Komunikasi Gadget Terus Berkembang | Lenovo Raih No.1 Dunia dan Indonesia

Jakarta | Jurnal Asia
Kiprah Lenovo selama 30 tahun di dunia bisnis dan inovasi bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Lenovo tetap meningkatkan kepemimpininannya dalam pasar PC global sejak mencapai kepemimpinan pada Q1 FY13 (April-Juni) dengan pangsa pasar 16.7% berdasarkan informasi dari IDC. Pada Q2 FY14 (Juli – September), Lenovo sukses mencatatkan pangsa pasar global 20%.
Pada kuartal yang sama, Lenovo Indonesia untuk pertama kalinya sukses mengungguli pesaing menjadi vendor PC No. 1 di Indonesia dengan rekor pangsa pasar sebesar 20.1% berdasarkan informasi dari IDC.
Rajesh Thadani, Country General Manager, Lenovo Indonesia, mengatakan, “Ketika pasar PC Indonesia secara keseluruhan terus menunjukkan tren penurunan, pangsa pasar Lenovo justru tumbuh sebesar 4.5 poin dari kuartal sebelumnya dan 6.6 poin dari tahun ke tahun.
Hal ini mengindikasikan bahwa strategi Model bisnis “Protect & Attack” serta investasi kami dalam produk dan pemasaran telah terbukti merupakan formulasi kemenangan dan akan terus menjadi strategi kami untuk memimpin pasar PC Plus dan bisnis server di Indonesia dan secara global”
Lenovo berdiri sejak tahun 1984 sebagai perusahaan dengan nama Legend, yang didirikan di Beijing oleh Liu Chuanzi dengan 10 orang insinyur dan modal 200,000 yuan. Kata Lenovo sendiri berasal dari kata “Le” yang diambil dari kata Legend, dan “novo” yang berarti “baru” dalam bahasa latin dan bahasa China berarti “kreativitas”.
Divisi PC berdiri pada taun 1994. Pada tahun yang sama terdaftar di bursa saham di Hong Kong untuk pertama kalinya dengan nama Legend Hong Kong dan mulai membangun jaringan distribusi dan retailnya. Pada tahun 2004 nama perusahaan secara resmi berubah dari “Legend Group Limited” menjadi “Lenovo Group Limited” dan pada tahun 2005 Lenovo membeli divisi PC IBM.
Dalam rentang waktu dari tahun 2008-2012, Lenovo banyak melakukan akusisi terhadap perusahaan-perusahaan TI terkemuka seperti Medion, membangun perusahaan patungan (joint venture) dengan NEC, serta beberapa kesepakatan dan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan TI terkemuka sehingga menjadikan Lenovo salah satu perusahaan yang diperhitungkan dalam jajaran perusahaan Fortune Global 500.
Untuk segmen SMB, Lenovo semakin memperkuat posisinya yang terdepan dengan pangsa pasar 19.8%. Lenovo telah menjadi vendor No. 1 di segmen SMB selama 7 kuartal berturut-turut dan bertekad untuk terus tumbuh dan mempertahankan posisi nomor 1 tersebut. Selain itu, dengan integrasi segmen Large Enterprise ke dalam SMB, Lenovo yakin bahwa segmen ini akan tetap tumbuh menjadi pemimpin mutlak di Pasar SMB Indonesia.
Di segmen bisnis enterprise, dengan integrasi IBM x86, Lenovo menjadi perusahaan server No.3 di dunia dan pemain server x86 No. 2 di Indonesia.
Untuk memastikan agar Lenovo terus fokus untuk mempertahankan momentum pertumbuhan yang telah dicapainya, Lenovo akan melakukan beberapa hal untuk dapat sukses meraih pencapaian yang kuat di Q3 FY14 dan kuartal-kuartal selanjutnya diantaranya; dengan terus fokus pada pertumbuhan keuntungan dari PC,mendorong penjualan tablet yang menguntungkan, memberi perhatian lebih kepada pelanggan dan mendorong pertumbuhan besar di bisnis x86. (put)

Close Ads X
Close Ads X